Home Mobil Mobil Esemka Enggan Ikut Pameran GIIAS 2016

Mobil Esemka Enggan Ikut Pameran GIIAS 2016

661
0

OTONITY.com – Mobil Nasional Esemka Tidak Ikut Pameran GIIAS 2016, Ajang pameran otomotif bertajuk Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 yang rencananya bakal berlangsung pada bulan Agustus mendatang bakal dimanfaatkan oleh para agen pemegang merek maupun produsen kendaraan yang ada di Indonesia untuk menarik minat calon konsumen. Namun sepertinya hal tersebut tidak menjadi target utama bagi PT Adiperkasa Citra Esemka Hero selaku produsen mobil Esemka. Pabrikan mobil nasional ini telah mengkonfirmasi bahwa pihaknya akan meluncurkan produk baru yang akan memulai debutnya pada Agustus nanti atau dilakukan sebelum Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 tahun.

Seperti yang diungkapkan oleh Hosea Sanjaya selaku Direktur PT Adi Perkasa Citra Esemka Hero bahwa meskipun diluncurkan pada bulan Agustus namun pihaknya tidak akan membawa mobil tersebut ke gelaran GIIAS 2016, dirinya menambahkan pihaknya tidak ada pendekatan untuk memperkenalkan mobil Esemka di pameran otomotif karena saat ini Esemka masih fokus pada penataan produk yang kompetitif untuk bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat tanah air. Menurutnya jika di pamerkan di sebuah pameran unsur komersial perkotaannya lebih besar sehingga nantinya akan ada kesan bahwa mobil tersebut dijual dengan harga mahal.

Padahal target dari PT Adiperkasa Citra Esemka Hero sendiri adalah konsumen pedesaan yang sedang meningkatkan perekonomian maupun perindustrian, meskipun belum diumumkan secara pasti harga yang akan dibanderol namun pihak Adiperkasa memastikan harganya nanti akan berada dibawah Rp 100 juta, mobil ini sendiri nantinya bakal menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia karena diproduksi oleh tangan-tangan anak bangsa dan dapat pihak pabrikan memastikan kalau kualitas produk tersebut bisa bersaing melawan mobil-mobil asal Jepang.

Pabrik EsemkaSalah satu pabrik Esemka berada di desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah dan telah diperkirakan telah menelan investasi senilai Rp 2,1 triliun yang Rencananya akan diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi dan mulai beroperasi pada bulan Juni tahun ini, yang menarik produksi mobil SMK nantinya tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri saja namun kedepannya juga bakal diekspor ke negara-negara tetangga seperti Malaysia.

Memang tidak mengherankan kalau Malaysia menjadi tujuan utama dari mobil Esemka karena pihak PT Adiperkasa Citra Esemka Hero sudah melakukan kerjasama dengan produsen mobil asal negeri Jiran tersebut yaitu Proton demi menciptakan produk yang lebih berkualitas agar nantinya bisa diterima dengan baik oleh masyarakat. “Kalau proton memang kami sudah dikasih buka pintu untuk berwacana mencari titik-titik yang bisa memberi nilai tambah untuk Esemka. Bagaimanapun juga kan Proton sebagai perusahaan automotif sudah eksis dan Proton punya fasilitas sangat baik, seperti penelitian dan pengembangan (R & D), uji coba kendaraan, dan macam-macam. Setidaknya itu akan menjadi referensi buat kami,” jelas Hosea Sanjaya seperti yang dirilis oleh Okezone.

Hanya saja sampai saat ini belum jelas mengenai bentuk kerjasama seperti apa yang dilakukan oleh dua perusahaan otomotif tersebut. Namun demikian Hosea berharap mobil karya dalam negeri ini bisa diterima dengan baik oleh masyarakat mengingat produknya yang benar-benar dibuat oleh Indonesia dan bukan buatan luar negeri dengan logo perusahaan Indonesia. Sebagai model pertama yang akan diperkenalkan oleh PT Adiperkasa Citra Esemka Hero yaitu mobil pick up dengan kapasitas mesin 1.000 cc dan disusul kemudian ada juga pilihan mesin 2.000 cc. Rencananya mobil komersial tersebut bakal dirilis pada Agustus mendatang dengan menyasar konsumen pedesaan.

Meskipun begitu untuk kedepannya PT Adiperkasa Citra Esemka Hero juga bakal meluncurkan mobil penumpang dari Esemka yang saat ini juga tengah dalam proses, Kita lihat saja kiprah dari perusahaan otomotif dalam negeri ini dan semoga saja bisa bersaing melawan pabrikan asing seperti Jepang, Korea selatan, Amerika, Eropa atau bahkan India.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here