Home Mobil Tips Mudah Merawat Aki Mobil Bertransmisi Matik

Tips Mudah Merawat Aki Mobil Bertransmisi Matik

482
0

OTONITY.com – Cara Tepat Merawat Aki Mobil Matik, Dalam satu dekade terakhir penggunaan mobil dengan transmisi matik semakin populer di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia yang ternyata peminatnya juga sangat banyak dan bahkan di beberapa kota besar jumlahnya melebihi pengguna mobil bertransmisi manual. Mobil matik memang lebih cenderung mudah digunakan oleh semua kalangan dan lebih nyaman saat berada di jalanan yang sering macet. Namun secara perawatan mobil berjenis ini juga tergolong cukup rumit mengingat secara sistem kendaraam matik lebih bertumpu pada kelistrikan aki.

Untuk itulah disarankan bagi pengguna mobil matik harus selalu melakukan perawatan secara berkala pada aki, jika kondisi terminal aki dalam kondisi tidak baik maka pasokan aliran listrik pun juga menjadi stabil dan tentunya mengganggu sistem kerja dari mobil itu sendiri. Padahal mesin mobil injeksi yang menggunakan teknologi modern membutuhkan suplai listrik stabil saat pertama kali mesin dihidupkan.

Jika arus listrik tidak stabil dan mobil sulit distarter pertama kali itu bisa menyebabkan perangkat elektronik kontrol unit dan sensor menjadi terganggu, khusus untuk mobil injeksi yang dilengkapi dengan fitur immobilizer jangan sampai terminal aliran listrik mati selama 15 lebih karena bisa membuat perangkat ECU mengunci secara otomatis akibat tidak memiliki arus sama sekali. Disarankan jika mengalami masalah tersebut segera langsung bawa kendaraan anda ke bengkel resmi untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.

Sebenarnya untuk merawat terminal aki mobil matik sangatlah mudah dan bisa anda lakukan sendiri di rumah, cukup dengan membersihkan menggunakan cairan khusus yang biasanya tersedia di toko-toko atau bengkel mobil, selain itu untuk mencegah korosi atau kerak putih pada terminal aki anda bisa mengoleskannya dengan gemuk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here