Home Mobil Toyota Indonesia Sukses Jual 31.625 unit Sepanjang April 2016

Toyota Indonesia Sukses Jual 31.625 unit Sepanjang April 2016

493
0

OTONITY.com – Mobil Toyota 2016 Indonesia Bulan April, PT Toyota Astra Motor (TAM) mencatat penjualan cukup memuaskan pada bulan April 2016 kemarin. Meskipun pasar otomotif dalam negeri di bulan keempat tersebut tengah mengalami penurunan namun pabrikan asal Jepang ini sukses membukukan penjualan ritel mencapai 31.625 unit atau naik sekitar 6,1 persen dari bulan sebelumnya yang mencapai 29.803 unit. Tentu saja raihan tersebut membuat Toyota Indonesia tetap menjadi penguasa di pasar tanah air.m

Henry Tanoto selaku Vice President Director TAM mengungkapkan pencapaian ini membuat posisi Toyota di industri otomotif semakin kuat dan tidak hanya terjadi di segmen mobil penumpang saja namun juga merambah ke segmen komersial. Pertumbuhan paling besar terjadi pada model mobil SUV yang mencapai 14,5 persen di bulan April 2016, kemudian untuk hatchback 9,8 persen dan mobil MPV sebanyak 4 persen. Sedangkan untuk mobil komersial terutama dari mobil Toyota Hilux sukses mengalami pertumbuhan hingga 45,7 persen.

Penjualan mobil secara nasional di segmen retail sebenarnya mengalami penurunan hingga 9,9 persen atau mencapai 83.288 unit pada bulan April, padahal di bulan Maret lalu penjualan kendaraan roda empat secara total bisa mencapai 92.407 unit. Untuk jenis kendaraan komersial tercatat mengalami penurunan sampai 4,6 persen sedangkan yang kendaraan penumpang tembus 11,2 persen. Dari semua segmen pasar SUV menjadi yang paling banyak mengalami penurunan yaitu hingga 32,8 persen. Misalnya saja di medium Low SUV turun 37,7 persen, High SUV 23,2 persen dan High Compact 31,5 persen. Namun yang menarik dua mobil SUV andalan PT TAM yaitu Toyota Fortuner dan Rush justru mengalami peningkatan.

Toyota Fortuner TRD Sportivo 2016

Seperti yang disampaikan oleh pihak TAM bahwa Toyota Rush melalui dua model terbarunya yakni TRD Sportivo dan TRD Sportivo Ultimo 7 penumpang berhasil terjual sebanyak 2.252 unit di bulan April 2016 atau naik 26 persen. Sedangkan di periode yang sama All New Toyota Fortuner juga meraih hasil penjualan manis dengan membukukan angka 2.292 unit atau meraih market share 33,2 persen dikelasnya. Sedangkan untuk model lain seperti Toyota Agya juga mencatat pertumbuhan penjualan yaitu naik 8,8 persen, Toyota Etios naik 19,1 persen, Yaris 15,5 persen.

Sementara itu untuk segmen MPV PT TAM masih mengandalkan Toyota Avanza yang pada April 2016 mencatat penjualan hingga 18.299 unit sedangkan Toyota Innova terjual 4.759 unit. Dengan hasil tersebut sudah cukup membuktikan kalau produk Toyota sangat diminati oleh masyarakat tanah air meskipun kondisi pasar otomotif dalam negeri sebenarnya mengalami penurunan pada April 2016.

Toyota memang berusaha untuk memperkuat seluruh segmen kendaraannya mulai dari mobil komersial seperti Toyota Hilux terbaru yang cocok bagi para pengusaha perkebunan namun juga terlihat elegan di jalan raya, kemudian di segmen mobil penumpang PT TAM telah meluncurkan beberapa produk di tahun ini seperti All New Toyota Fortuner dan Toyota Sienta.

Khusus untuk Toyota Sienta memulai debutnya pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 namun baru sebatas diperkenalkan saja sedangkan untuk penjualan resminya baru dilakukan pada pertengahan tahun ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here