Saturday, May 14th, 2016 - Motor, News, Oto Guide

OTONITY.com – Penyebab Dan Cara Mengatasi Oli Motor Bocor, Sepeda motor menjadi salah satu kendaraan yang paling diminati di Indonesia dengan pengguna mencapai 1 juta unit lebih di setiap tahunnya. Banyak populasi motor di jalanan tanah air tentunya dibarengi oleh strategi para pabrikan yang gencar meluncurkan produk-produk baru setiap tahun mulai dari model motor bebek, sport hingga motor matik. Namun yang menjadi permasalahan tidak semua pemilik kendaraan roda dua ini paham cara merawat motornya dengan benar dan bahkan justru sering mengabaikan hal-hal penting seperti pemeriksaan bagian oli.

Padahal oli motor menjadi salah satu bagian yang sangat vital bagi mesin kendaraan karena sebagai pelumas untuk mengurangi gesekan antar komponen. Jika oli jarang diperiksa atau diganti dikhawatirkan pemilik tidak mengetahui jika bagian tersebut mengalami masalah seperti oli yang merembas dari bagian mesin. Jika terus dibiarkan bisa saja oli dalam penampung menjadi habis dan alhasil beberapa komponen pun mengalami kerusakan termasuk seher.

Banyak sekali penyebab oli merembas keluar dari mesin salah satunya yaitu karena seal yang sudah rusak atau pecah karena komponen mesin terlalu panas atau umur pemakaian yang memang sudah habis. Untuk itulah ketika mengalami masalah tersebut pemilik diwajibkan segera mengganti oli seal dengan biaya tergantung merek kendaraan. Biasanya untuk motor bebek hanya Rp 100 ribu saja sedangkan untuk motor matik berkisar antara Rp 150 ribu sampai Rp 200 ribu.

Selain karena menetes keluar oli bisa habis juga dikarenakan dalam pengisiannya melebihi batas, misalnya saja kapasitas yang dianjurkan adalah 0,8 liter namun pemilik justru memasukkannya dengan jumlah 1 liter. Jika hal tersebut dilakukan oli bisa meluber keluar lewat lubang pernapasan ke filter udara dan karburator sehingga oli yang terbakar di ruang pembakaran tersebut membuat knalpot mengeluarkan asap berwarna putih pekat.

Baca juga: Cara Mengatasi Oli Motor Bocor

Oli yang merembas keluar bisa sangat berbahaya bagi kendaraan karena membuat gesekan antar komponen menjadi lebih berat dan alhasil tarikan motor pun sangat tidak optimal. Untuk itulah dengan mengganti oli secara berkala tidak hanya membuat motor lebih nyaman digunakan namun juga bisa mengetahui apabila ada rembesan yang keluar.

Motor Matik Jadi Boros Bensin, Ternyata Ini Penyebabnya

Cara Pasang Dan Memilih Box Motor Yang Benar Dan Tepat Guna

Tips Sebelum Membeli Moge Bekas / Seken

Tips Mudah Memperbaiki Rem Motor Yang Masuk Angin

Bahaya Pakai Jas Hujan Plonco

Yamaha Jupiter MX 135 Harga, Fitur, Kelebihan Dan Kekurangan

Cara Mengurus Perpanjang SIM A, SIM C Dan SIM B

Yamaha MT-25 2017 Harga, Fitur Dan Kelebihan

Harga Moge Indian 2017 Di Indonesia Mulai Rp 400 – 800 Jutaan

Spesifikasi Mobil Porsche Macan Terbaru 2017 Indonesia