Home Honda Komparasi Honda Mobilio Facelift dan Honda BR-V 2016, Mana Yang Lebih Unggul?

Komparasi Honda Mobilio Facelift dan Honda BR-V 2016, Mana Yang Lebih Unggul?

1687
0
SHARE

OTONITY.com – Perbandingan Honda BR-V dan Honda Mobilio 2016 Indonesia, Setiap produk baru yang dikeluarkan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) selalu mendapat apresiasi cukup tinggi dari masyarakat Indonesia. Hal itu tidak lepas dari strategi pabrikan yang memang sengaja meluncurkan mobil-mobil terbaru yang diklaim sesuai dengan keinginan konsumen tanah air. Setelah menuai hasil positif dari peluncuran Honda Mobilio dan Honda HR-V beberapa tahun lalu kini produk terbaru HPM lainnya yaitu Honda BR-V juga langsung disambut hangat oleh para pecinta otomotif dalam negeri.

Honda BR-V digadang-gadang merupakan crossover yang sangat cocok sekali bagi masyarakat Indonesia karena memiliki desain elegan dan menawan namun tetap dibekali ruang kabin nyaman layaknya kendaraan MPV. Mobil ini sendiri memang dibuat dengan menggunakan platform yang sama dengan Honda Mobilio sehingga tidak mengherankan sekilas jika dilihat dari tampangnya kedua mobil penumpang tersebut nyaris sama. Bahkan banyak pihak yang menyebutkan kalau Honda BR-V adalah Honda Mobilio yang ukurannya ditinggikan.

Bertarung dikelas mobil SUV nyatanya Honda BR-V langsung meraih penjualan yang memuaskan sejak pertama kali diperkenalkan pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 lalu. Bahkan kini Honda BR-V menjadi penopang penjualan tertinggi dari PT HPM dengan mengalahkan Honda Mobilio dan HR-V. Jadi sebenarnya apa yang lebih diunggulkan antara Honda BR-V dengan Honda Mobilio? Mari kita ulas mengenai komparasi kedua produk tersebut.

Desain

Seperti yang diungkapkan oleh Jonfis Fandy selaku Direktur Marketing dan Aftersales Service PT Honda Prospect Motor bahwa sebenarnya secara desain kedua mobil tersebut nyaris sama mulai dari depan hingga belakang. Hanya saja untuk Honda BR-V sudah dilengkapi dengan teknologi LED pada lampu utamanya. Sedangkan dibagian depan grill milik Honda BR-V terlihat lebih lebar dengan ciri khas kendaraan crossover.

Honda BR-V Terbaru 2016

Interior

Beralih kebagian dalam kabin konsep Honda BR-V lagi-lagi nyaris sama dengan Honda Mobilio model facelift terbaru terutama dibagian depan. Perbedaan yang paling jelas yaitu Honda BR-V sudah dilengkapi dengan audio 6 inch yang terintegrasi dengan smartphone melalui bluetooth, Android, iOS dan HDMI serta terdapat fitur baru bernama Nanoe. Selain itu kabin Honda BR-V juga lebih mewah dengan dominasi warna hitam pekat serta memiliki kursi lebih tebal dengan dilengkapi headrest yang bisa diatur ketinggiannya.

Fitur keamanan

Berbicara soal fitur keamanan baik Honda Mobilio maupun BR-V sama-sama telah ditanamkan dengan berbagai fitur penunjang yang cukup memadai, untuk BR-V sudah memiliki VSA, Hill Start Assist, Parking Sensor, ISOFIX & Tether, Seat Belt Reminder, Dual Front SRS Airbags, Side Impact Beam, Immobilizer dan Alarm System. Sedangkan pada Honda Mobilio minus Hill Start Assist dan VSA.

Honda Mobilio 2016

Mesin

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa kedua mobil ini mengusung platform yang sama sehingga tidak mengherankan kalau untuk urusan dapur pacu baik Honda Mobilio ataupun BR-V tidak memiliki perbedaan yang signifikan yaitu sama-sama mengusung mesin berkapasitas 1.5 L SOHC 4 Silinder Segaris, 16 katup i-VTEC + DBW.

Bodi

Secara dimensi sudah pasti Honda BR-V lebih diunggulkan mengingat mobil ini merupakan versi crossover dari Honda Mobilio. BR-V memiliki panjang 4.456 mm, lebar 1.735 mm dan tinggi 1.666 mm dengan jarak sumbu roda 2.662 mm serta berat kosong 1.208 kg. Sementara itu Mobilio memiliki dimensi 4.386 mm x 1.683 mm x 1.603 mm dengan jarak sumbu roda 2.650 mm.

Harga

Terakhir masalah harga Honda BR-V hadir dalam empat tipe yaitu S MT Rp 227,5 juta, tipe E MT Rp 237,5 juta, tipe E CVT Rp 247,5 juta dan Prestige CVT Rp 626,5 juta. Sedangka Honda Mobilio terbaru punya enam tipe mulai S MT seharga Rp 180,5 juta, tipe E MT Rp 202 juta, tipe E CVT Rp 213 juta, tipe E Prestige Rp 220,5 juta, Mobilio RS Rp 225 juta dan Mobilio RS CVT Rp 235,5 juta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here