Home Mobil Kelebihan-Kelebihan Mobil MPV Dengan Sistem Penggerak Roda Belakang

Kelebihan-Kelebihan Mobil MPV Dengan Sistem Penggerak Roda Belakang

907
0
SHARE

OTONITY.com – Kelebihan Mobil Penggerak Roda Belakang, Saat ini sistem penggerak roda pada mobil yang lazim sering kita jumpai ada tiga jenis yaitu penggerak roda depan (Front Wheel Drive), penggerak roda belakang (Rear Wheel Drive) dan sistem penggerak empat roda (Four Wheel Drive 4WD/AWD).Dari ketiga penggerak tersebut memiliki kelebihan masing-masing dan biasanya pabrikan lebih memilih menyematkan sistem penggerak sesuai dengan kebutuhan dan karakter dari kendaraan itu sendiri.

Sementara itu untuk mobil penumpang seperti MPV lebih sering kita jumpai menggunakan sistem penggerak roda depan karena dianggap lebih fleksibel untuk digunakan sehari-hari baik untuk perjalanan dalam kota maupun luar kota. Tidak hanya itu saja penggerak roda depan juga lebih tangguh ketika digunakan di jalan yang menanjak dibandingkan dengan sistem penggerak roda depan.

Berikut kelebihan-kelebihan sistem penggerak roda depan pada mobil MPV :

Perawatan lebih mudah

Dikatakan lebih mudah karena mesin yang terpasang searah dengan bodi kendaraan membuat ruang mesin menjadi lebih luas dan tentu saja hal itu mempermudah dalam melakukan perawatan termasuk saat pencucian mesin.

Lebih kuat saat menanjak

Kelebihan lain dari sistem penggerak roda depan yaitu pengiriman tenaga dari mesin ke roda belakang menjadi lebih kuat sehingga mobil pun terasa di dorong. Sedangkan jika menggunakan sistem penggerak roda depan mobil justru terasa menarik yang tentu saja tenaganya tidak sekuat seperti penggerak belakang.

Lebih kuat saat membawa beban banyak

Mobil MPV yang mampu menampung hingga 7 penumpang biasanya sering digunakan oleh pemilik untuk membawa barang dalam jumlah banyak, dengan adanya sistem penggerak roda belakang beban yang dibawa pun menjadi terasa lebih ringan karena adanya dorongan dari belakang.

Lebih lincah

Mobil penggerak roda belakang dikatakan lebih lincah dibandingkan dengan sistem penggerak roda depan karena power steering pada mobil dibuat lebih enteng dan fokus terhadap kinerjanya saja sehingga memudahkan bermanuver.

Lebih awet

Karena menggunakan penggerak roda belakang maka sistem mekanisme, kemudi dan sistem suspensi depan pun menjadi tidak perlu bekerja keras. Hal tersebut tentu saja sangat berpengaruh sekali terhadap kondisi dari komponen-komponen itu sendiri yang kemudian membuatnya lebih tahan lama.

Itulah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh mobil dengan sistem penggerak roda belakang. Selain berbagai keunggulan diatas mobil MPV dengan jenis penggerak tersebut juga lebih mudah dijumpai dan lebih akrab dengan para pengendara. Untuk saat ini beberapa mobil keluarga yang memakai sistem penggerak belakang yaitu Toyota Grand New Avanza dan Toyota Veloz.

Sebenarnya berbicara mengenai sistem penggerak roda pada mobil memang memiliki kelebihan masing-masing dan setiap pembelian mobil yang dilakukan juga tergantung terhadap selera konsumen itu sendiri. Bisa disimpulkan bahwa sistem penggerak roda belakang lebih cocok untuk kendaraan yang memiliki daya tampung banyak termasuk truk dan bus. Namun sebenarnya ada juga beberapa mobil MPV di Indonesia yang sudah menerapkan sistem penggerak roda depan salah satunya yaitu New Suzuki Ertiga, menurut pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dengan menggunakan penggerak roda depan handling menjadi lebih bagus dan tidak serumit, penggerak roda belakang. Selain itu untuk konsumsi bahan bakarnya pun juga diklaim lebih irit.

Namun kembali lagi semua tergantung selera masing-masing konsumen karena ada masyarakat yang menyukai mobil penggerak roda depan dan ada pula yang merasa lebih nyaman dengan mobil MPV penggerak roda belakang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here