Home Aksesoris 7 Tips Membeli Helm Baru Yang Perlu Anda Ketahui Demi Keselamatan

7 Tips Membeli Helm Baru Yang Perlu Anda Ketahui Demi Keselamatan

515
0

OTONITY.com – Tips Membeli Helm Baru Yang Tepat, Indonesia menjadi negara dengan pengguna motor yang cukup tinggi di dunia, tercatat setiap tahun ada jutaan unit kendaraan roda dua yang terjual baik itu motor matik, bebek atau bahkan motor sport. Sayangnya kesadaran masyarakat dalam melengkapi keselamatan berkendara masih sangat kurang sekali terutama dalam hal penggunaan helm. Padahal helm menjadi perangkat wajib yang harus selalu digunakan oleh biker karena bukan hanya sebagai aksesoris saja namun juga untuk melindungi kepala pengendara maupun penumpang ketika mengalami kecelakaan.

Di jaman yang modern ini tidak sulit untuk membeli helm karena konsumen bisa membelinya langsung di penjual atau di lapak jual beli online, bahkan tidak sedikit pula penjual yang menawarkan helm dengan desain ataupun bentuk sesuai keinginan calon konsumen. Tentu saja tujuannya agar tampil lebih stylish dan tampil beda namun yang perlu diingat harus tetap berfungsi sebagai pelindung kepala.

Penggunaan helm bagi pengendara sepeda motor sudah diatur oleh undang-undang Republik Indonesia No 14 tahun 1992 sehingga bagi yang tidak mengenakannya akan dikenai tilang oleh pihak kepolisian. Meskipun denda yang diberikan cukup tinggi namun tetap saja banyak pengendara motor tidak mempedulikan hal tersebut dengan beberapa alasan. Untuk itulah dibutuhkan kesadaran diri sendiri bahwa helm bukan sebagai pelengkap selama perjalanan saja namun juga menjadi pelindung keselamatan yang sangat penting.

Baca juga: Modifikasi Helm MotoGP Ternyata Cukup Murah

Nah berikut kami berikan tips yang harus anda ketahui saat membeli helm motor :

  1. Salah satu hal yang paling penting saat membeli helm adalah pastikan ukuran kepala anda pas dengan helm tersebut. Dikatakan pas apabila helm yang anda gunakan tidak terasa sempit namun juga tidak terlalu longgar, apabila helm yang anda pilih terlalu kecil maka akan membuat sakit telinga bagian kiri maupun kanan serta kepala atas. Sedangkan jika helm tersebut terlalu besar akan terasa kurang nyaman digunakan karena saat kepala anda bergerak atau terkena tiupan angin maka helm tersebut terasa ingin lepas.
  2. Tips berikutnya pilih helm yang terbuat dari bahan busa empuk pada bagian dalam namun keras untuk bagian luar. Dengan demikian kepala ada tetap akan terasa nyaman dan terlindungi ketika terkena benturan saat terjadi kecelakaan.
  3. Demi keamanan dan keselamatan selama berkendara disarankan untuk memilih helm dengan moden full face atau minimal open face karena model ini merupakan tipe yang dapat melindungi kepala secara maksimal saat berbenturan. Selain itu pastikan helm tersebut dilengkapi dengan kaca agar saat berkendara dengan kecepatan tinggi ataupun hujan masih tetap bisa melihat dengan baik.
  4. Pilih helm yang memiliki bahan dalam berkontur lembut dan mudah menyerap keringat, hal ini sangat penting sekali untuk kenyamanan anda selama berkendara terutama yang hobi touring jarak jauh, pasalnya jika helm bagian dalam tidak mampu menyerap keringat dengan baik biasanya akan menimbulkan bau yang tidak sedap.
  5. Selain lembut pilih bagian dalam helm yang memiliki lapisan cukup tebal agar ketika berbenturan kepala anda tetap aman.
  6. Pilih helm yang memiliki pengingat tali kuat supaya saat kecelakaan helm tidak mudah lepas. Saat membeli periksa bagian jahitan antara penghubung tali dan kalau perlu silahkan dilakukan pengetesan dengan cara anda klik lalu ditarik-tarik.
  7. Terakhir pilih helm yang sudah sesuai dengan standar nasional karena sudah teruji keamanannya dan telah melewati berbagai proses uji. Untuk mengetahuinya anda periksa bagian luar dari helm tersebut dan biasanya akan ada tulisan huruf SNI berukuran cukup besar. Itulah beberapa tips yang harus anda ketahui saat membeli helm baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here