Home Aksesoris Kenali Ciri-Ciri Ban Sudah Waktunya Diganti Dengan yang Baru

Kenali Ciri-Ciri Ban Sudah Waktunya Diganti Dengan yang Baru

935
0

OTONITY.com – Tips Mengetahui Ban sudah Waktunya Diganti, Salah satu komponen kendaraan baik itu mobil maupun motor adalah bagian ban. Sebab jika kondisi dari ban tersebut sudah tidak layak pakai maka keselamatan pengendara pun menjadi taruhannya dan tentu saja tidak hanya merugikan diri sendiri namun juga pengguna jalan lain. Sama seperti komponen pada umumnya ban juga memiliki batas waktu dan juga masa pemakaian sehingga jika sering digunakan ban akan aus atau masyarakat biasa menyebutnya botak karena batik atau guratan pada permukaan ban sudah rata.

Kondisi ban yang seperti itu sangat membahayakan sekali bagi pengendara terutama saat kondisi jalanan sedang basah. Sayangnya tidak sedikit pemilik kendaraan yang tidak menyadari atau bahkan mengabaikan hal tersebut dan akibatnya banyak kecelakaan di jalan raya yang justru disebabkan oleh kelalaian pengendara itu sendiri. Lalu bagaimana cara mengetahui kondisi ban yang masih layak pakai dan sudah waktunya untuk diganti?

Yang pertama anda bisa melihatnya melalui Tread Wear Indicator (TWI) atau penanda keausan ban yang biasanya berbentuk tonjolan panjang setinggi 1,6 mm di dalam alur tapak ban tersebut. Apabila tonjolan TWC tersebut sudah menyentuk permukaan aspal itu berarti ban kendaraan anda memang sudah waktunya diganti dengan yang baru. Sangat berbahaya sekali apabila ban botak tetap digunakan untuk sehari-hari karena dikhawatirkan kendaraan menjadi selip akibat cengkraman ban yang sudah tidak baik lagi apalagi saat jalanan basah.

Bahaya Ban  gundul saat hujan

Saat musim hujan permukaan jalanan yang tergenang air akan sangat menyusahkan kendaraan terutama dengan ban botak karena tidak lagi mencengkram sempurna. Tidak hanya itu saja saat dilakukan pengereman ban akan tetap berjalan dan tentu ini membahayakan bagi keselamatan pengendara dan juga orang lain. Saat ini ban modern keluaran pabrikan-pabrikan ternama sudah mengusung tapak ban dengan alur yang dirancang khusus agar bisa melewati air dengan baik.

Di pasar Indonesia sendiri ada beberapa jenis ban yang dijual bebas mulai dari ban khusus saat musim kemarau dan ban untuk musim hujan baik untuk motor ataupun mobil, namun biasanya masyarakat lebih memiliki ban perpaduan antara kedua musim tersebut karena lebih cocok dengan iklim yang ada di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here