Home Motor Klasemen Sementara MotoGP 2016 Usai Seri Mugello Italia

Klasemen Sementara MotoGP 2016 Usai Seri Mugello Italia

770
0

OTONITY.com – Klasemen MotoGP 2016 Terbaru Seri Italia, Pebalap Movistar Yamaha Jorge Lorenzo sukses menguasai seri ke-6 MotoGP 2016 yang berlangsung di sirkuit Mugello Italia pada hari Minggu (22/5) waktu setempat. Mengawali start dari posisi ke-4 Lorenzo langsung melesat dan menempati posisi terdepan di awal lap sedangkan Valentino Rossi yang memulai balapan dari pole position mengalami insiden yang kurang menyenangkan dimana Yamaha R1M tunggangannya mengalami masalah pada mesin hingga mengeluarkan asap tebal.

Tentu saja ini menjadi hari buruk bagi The Doctor mengingat dirinya tidak bisa tampil maksimal di depan puluhan ribu pendukungnya yang memadati Sirkuit Mugello. Menurut keterangan pihak Yamaha Movistar motor Rossi mengalami pecah pada mesin sehingga oli keluar dan mengakibatkan asap putih mengepul sangat tebal. Padahal Rossi yakin dirinya bisa memenangi balapan dan pada balapan kali ini memakai helm khusus di MotoGP Seri Italia.

Rossi MotoGP 2016 Italia

Persaingan sengit sempat terjadi di lap akhir balapan saat Marquez bertarung melawan Lorenzo, bahkan Marquez juga sempat menyalip rekan senegaranya tersebut namun sayang saat memasuki lap lurus motor Yamaha R1M Lorenzo lebih cepat dibandingkan dengan Honda RC213V milik Marquez. Dengan kemenangan ini membuat Lorenzo bertengger di puncak klasemen lalu di susul Marc Marquez yang pada seri Italia kemarin menempati podium kedua. Beruntung para suporter Italia masih bisa melihat pebalapnya masuk tiga besar setelah Andrea Iannone tampil memukau di seri Italia ini. Dengan tambahan 25 poin membuat Lorenzo berada diperingkat pertama dengan total 115 poin diikuti Marc Marquez dari Repsol Honda dengan 105 poin.

Meskipun kalah namun performa Marc Marquez di seri Italia ini tergolong cukup mengesankan karena mampu memberikan perlawanan sengit dengan Lorenzo walaupun pada akhirnya kemenangan yang sudah berada di depan mata harus sirna akibat laju motor Honda RC213V kalah 0.019 detik dari Yamaha YZF-M1. Marquez pun terlihat kurang begitu bereaksi ketika berada di atas podium dan bukan hanya karena kalah dari Lorenzo saja namun juga akibat tekanan dari para penonton yang mayoritas adalah pendukung Valentino Rossi. “Reaksi yang terjadi di podium bukanlah yang terbaik. Saya tidak melakukan banyak selebrasi karena saya tidak menyukai hal itu. Seluruh sirkuit dipenuhi warna kuning dan itu memang benar,” ungkap pria asal Spanyol tersebut.

Sementara itu tim Ducati mulai menunjukkan performa terbaiknya dan berhasil menempatkan satu pebalapnya di podium melalui Andrea Iannone, sementara itu untuk Andrea Dovizioso berhasil menempati peringkat kelima, namun pria Italia ini ternyata kurang merasa puas dengan seri keenam MotoGP 2016 tersebut karena meskipun mengawali balapan dengan sangat baik pebalap berusia 30 tahun ini gagal mempertahankan performanya.

Menurut Dovi balapan di seri Italia kali ini terkendala dengan pengaturan gas pada motor Ducati Desmosedici GP16 yang dia tunggangi, Selain itu satu faktor lain yang dianggap Dovi menjadi penghambat meraih kemenangan yaitu faktoc cuaca dimana suhu terlalu panas menurutnya memberikan pengaruh besar terhadap kondisi ban belakang pada motornya.

Berikut klasemen sementara MotoGP 2016 usai seri Italia :

  1. Jorge Lorenzo 115 poin
  2. Marc Marquez 105 poin
  3. Valentino Rossi 78 poin
  4. Dani Pedrosa 66 poin
  5. Maverick Vinales 59 poin
  6. Aleix Espargaro 49 poin
  7. Pol Espargaro 48 poin
  8. Héctor Barbera 43 poin
  9. Andrea Iannone 41 poin
  10. Eugene Laverty 36 poin
  11. Andrea Dovizioso 34 poin
  12. Bradley Smith 29 poin
  13. Stefan Bradl 25 poin
  14. Álvaro Bautista 21 poin
  15. Michele Pirro 18 poin
  16. Danilo Petrucci 17 poin
  17. Scott Redding 16 poin
  18. Esteve Rabat 11 poin
  19. Cal Crutchlow 10 poin
  20. Loris Baz 8 poin
  21. Yonny Hernandez 3 poin
  22. Jack Miller 2 poin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here