Home Motor Ini Penyebab Motor Rossi Keluarkan Asap Putih Di Seri Italia

Ini Penyebab Motor Rossi Keluarkan Asap Putih Di Seri Italia

1171
0

OTONITY.com – Penyebab Motor Rossi Rusak Di MotoGP 2016 Italia, Pebalap Movistar Yamaha Valentino Rossi harus menerima kenyataan pahit setelah dirinya tampil tidak berdaya ketika tampil di depan publik sendiri yang berlangsung di sirkuit Gran Premio d’Italia TIM, Mugello, Italia pada lanjutan MotoGP 2016 seri enam pada hari Minggu (22/5) waktu setempat. Sebenarnya Rossi memiliki peluang yang cukup bagus untuk mengawali balapan karena dirinya memulai start dari posisi terdepan. Namun sayang saat balapan masih menyisakan 14 lap lagi motor Yamaha M1 tunggangan Rossi mengalami masalah pada mesin sehingga terpaksa dirinya tidak bisa melanjutkan balapan.

Secara tiba-tiba motor Rossi mengeluarkan asap putih yang cukup tebal sehingga membuat dirinya hanya bisa pasrah dan menepi di pinggir lintasan. Sebenarnya Rossi bukan pertama kali ini saja mengalami masalah saat berlaga di Mugello. Bahkan musim 2015 kemarin rekor selalu naik podium justru patah saat berlaga di seri Italia. Usai balapan Rossi mengatakan kalau dirinya sangat malu sekali dengan insiden tersebut karena tidak bisa memenuhi ekspektasi para penggemarnya. “Saya merasa malu dan patut disayangkan, karena ada masalah pada motor saya. Padahal saya berfikir bisa berjuang untuk meraih kemenangan, pasalnya motor saya punya kecepatan yang sangat baik,” jelas Rossi.

Tidak hanya merasa malu saja yang didapatkan oleh Rossi namun rasa kecewa juga karena tidak bisa memperpendek poin dengan Jorge Lorenzo selaku pemimpin klasemen sementara. Sudah pasti pekerjaan pebalap berusia 38 tahun ini semakin berat untuk bisa meraih gelar juara dunia yang ke-10 dalam karirnya. Di klasemen sementara Lorenzo menempati peringkat pertama dengan raihan 115 poin sedangkan diurutan kedua ada Marc Marquez 105 poin dan Rossi berada di peringkat ketiga dengan 78 poin.

Motor Rossi Rusak MotoGP 2016 Italia

Lalu apa penyebab asap mengepul yang terjadi pada Yamaha M1 Valentino Rossi di MotoGP 2016 seri Italia kemarin? Seperti yang dilansir oleh lama eurosport.co.uk bahwa menurut Massimo Meregalli selaku Yamaha team director menjelaskan bahwa kerusakan motor Rossi sama seperti yang terjadi pada tunggangan Jorge Lorenzo ketika melakukan sesi pemanasan pada pagi hari sebelumnya. Menurutnya kerusakan tersebut terjadi karena mesin Yamaha M1 mengalami pecah atau retak sehingga oli keluar dan otomatis menimbulkan keluarnya asap putih dalam jumlah banyak. Jelas hal ini sangat mengganggu sekali bagi performa pebalap mengingat kejadian seperti ini seharusnya tidak terjadi apalagi pada sebuah tim papan atas seperti Yamaha.

Sebelum kejadian tersebut menimpa dirinya di lap 9 banyak pihak memprediksi kalau Valentino Rossi bisa naik podium apalagi dengan meraih pole position yang didapatnya untuk pertama kali sejak musim 2008 silam. “Tentu saja saya bisa bersaing untuk meraih kemenangan di Mugello dan itu lebih dari sekadar target. Itu adalah salah satu mimpi saya dalam 10 tahun terakhir karena kemenangan terakhir saya di sini terjadi pada 2008,” ungkap Rossi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here