Home Mobil Ini 4 Penyebab Konsumsi BBM Mobil Menjadi Boros

Ini 4 Penyebab Konsumsi BBM Mobil Menjadi Boros

660
0

OTONITY.com – Penyebab Mobil Boros Bahan Bakar, Memiliki kendaraan seperti mobil pribadi memang menjadi kesenangan tersendiri bagi pemiliknya karena tidak hanya sebagai kendaraan sehari-hari saja namun juga bisa menunjukkan kepercayaan diri dari seseorang itu sendiri. Hanya saja sebuah performa mobil juga dipengaruhi oleh kualitas dari kendaraan termasuk faktor  konsumsi bahan bakar. Biasanya masyarakat Indonesia cenderung membeli mobil yang tidak hanya memiliki desain menarik saja namun juga memikirkan mengenai konsumsi BBM dari kendaraan tersebut.

Konsumsi bahan bakar pada kendaraan memang menjadi faktor yang cukup menentukan bagi calon konsumen karena nantinya mobil tersebut akan digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Namun sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhi konsumsi BBM pada sebuah kendaraan mulai dari usia, kualitas BBM yang digunakan, cara perawatan dan masih banyak lagi. Jadi tidak perlu heran meskipun berasal dari brand ternama sekalipun tidak menjamin kalau mobil baru tersebut akan lebih efisien.

Salah satu faktor yang paling menentukan dari konsumsi bahan bakar sebuah kendaraan yaitu mengenai mesin, pasalnya apabila kondisi mesin jarang dilakukan perawatan maka akan sangat mempengaruhi tingkat konsumsi bahan bakar. Sedangkan meskipun mobil sudah berusia cukup berumur namun selalu mendapat perawatan mesin dengan baik maka tingkat efisiensi BBM juga tetap baik. Lalu apa saja penyebab mobil boros bahan bakar?

Filter udara kotor

Filter udara merupakan bagian yang cukup vital bagi mesin mobil karena berfungsi sebagai penyaring udara yang masuk ke dalam ruang dapur pacu. Apabila filter tersebut kotor maka akan mengurangi performa dari mobil itu sendiri dan akibatnya jika udara terhambat masuk ke dalam mesin menimbulkan efek knocking atau biasa disebut dengan ngelitik.

Ruang mesin kotor

Selain karena filter udara yang kotor borosnya konsumsi bahan bakar juga disebabkan oleh ruang mesin yang terdapat kerak atau kotoran sehingga membuat tenaga dari mobil tersebut menjadi berkurang. Biasanya kerak yang terdapat di dalam mesin akan menghambat aliran bahan bakar menuju sistem pembakaran sehingga kerja dari mesin tersebut menjadi lebih berat.

Lubang Nozzle Injektor tersumbat

Satu lagi penyebab mobil menjadi boros yaitu lubang pada Nozzle Injector yang tersumbat sehingga mengurangi efisiensi dari dari bahan bakar. Biasanya lubang pada Nozzle tersebut berukuran sangat kecil dan tentu saja rawan tersumbat apabila ada benda asing atau kerak pada mesin. Jika hal tersebut terjadi maka sistem pembakaran menjadi tidak sempurna dan pastinya akan mengganggu efisiensi bahan bakar mobil anda.

Baca juga: Daftar Mobil Paling Irit BBM Terbaru

Piston dan ring piston aus

Piston merupakan komponen paling vital pada mesin sebuah kendaraan dan untuk itulah bagian ini harus selalu mendapat perawatan yang baik. Performa mesin kendaraan akan menjadi lebih berat apabila piston maupun ring piston bermasalah karena kompresi kendaraan berkurang dan tentunya membuat konsumsi bahan bakar menjadi semakin banyak. Untuk itulah ketika piston sudah aus sebaiknya langsung diganti dengan yang baru.

Untuk itulah sebaiknya anda sebagai pemilik mobil harus rajin-rajin melakukan servis agar performa mesin tetap terjamin sehingga nyaman saat digunakan. Pemeriksaan komponen bisa anda lakukan di diler resmi karena lebih terpercaya serta saat terjadi penggantian anda bisa memperoleh komponen yang benar-benar asli. Yang paling penting gunakan bahan bakar dengan kualitas baik atau setidaknya beroktan tinggi, selain membuat efisiensi bahan bakar menjadi lebih baik juga membuat mesin lebih terawat. Pertamina sendiri sudah meluncurkan beberapa bahan bakar baru dengan kualitas lebih baik mulai dari Pertalite untuk mesin bensin dan Pertadex lite mesin diesel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here