Home Mobil Perbedaan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, Si Kembar Tapi Beda

Perbedaan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, Si Kembar Tapi Beda

5767
0

OTONITY.com – Perbedaan Mobil Baru Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia . Secara sekilas kasat mata pastinya sahabat otomotif di Tanah Air sulit membedakan antara Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia bak saudara kembar tapi yang terlahir dari rahim yang berbeda, memang kedua mobil ini memiliki desain eksterior yang sangat amat mirip bagai pinang dibelah dua yang memiliki basis yang sama namun dengan merek yang berbeda. Namun kembar bukan berarti tidak memiliki perbedaan, perbedaan apa saja yang ada pada kedua mobil MPV Indonesia ini adalah sebagai berikut :

1. Desain Bagian Depan
Apabila jika dilihat sekilas bagian depan secara keseluruhan nampak sama namun sebenarnya dua mobil ini memiliki perbedaan yang terletak pada model desain bumper depan, khususnya pada Toyota Avanza tipe G dan Daihatsu Xenia yang memiliki perbedaan pada grill dan aksesori fog lamp. Untuk Toyota Avanza dibekali dengan grill chrome yang sebatas bagian tengan dan bawah, sedangkan untuk Daihatsu Xenia memiliki banyak ragam tergantung tipenya dan pada bumper nampak Daihatsu Xenia tidak dilengkapi dengan aksesori chrome yang membalut fog lamp dan untuk Toyota Avanza Velos mengusung front fascia yang nampak lebih agresif dengan bumper dan grill terbaru.

2. Desain Belakang
Pada Avanza dilengkapi dengan aksesori rear bar dan untuk Avanza G dibekali dengan rear spoiler namun untuk xenia tidak nampak adanya rear bar dan spoiler kecuali untuk model yang tertinggi. Sedangkan untuk Avanza Velos nampak sedikit perbedaan yang terletak pada spotlight berbentuk bundar berbeda dengan Avanza G dan Xenia yang memiliki bentuk persegi lurus.

3. Jantung Pacu
Terdapat tipe mesin yang sama pada dua mobil ini yakni mesin kapasitas 1.300 cc pada Avanza maupun Xenia namun terdapat juga mesin yang berbeda yakni mesin kapasitas 1.000 cc untuk Xenia dan mesin kapasitas 1.500 cc pada Avanza dengan semua mesin tersebut sama-sama mengusung teknologi VVTI.

4. AC Double Blower
Untuk Toyota Avanza semua tipe sudah dibekali dengan AC Double Blower, itupun termasuk tipe Avanza yang paling rendah yakni tipe E. Berbeda dengan Daihatsu Xenia yang hanya menggunakan AC Double Power pada Xenia mesin 1.300 cc namun untuk Xenia dengan kapasitas mesin 1.000 cc menggunakan AC Single Blower.

5. Fitur Safety
Sebenarnya pada Toyota Avanza G dan Daihatsu Xenia sendiri tidak dibekali dengan fitur keamanan yang istimewa kecuali Seatbelt namun jangan salah, untuk Toyota Avanza 1.500 cc dan Velos sudah dilengkapi dengan fitur Dual SRS Airbag ditambah sistem ABS pada sektor rem.

6. Head Unit
Untuk sektor ini Daihatsu Xenia lebih unggul dengan head unit pemutar CD, MP3, USB, AUX serta ipod control yang memiliki merek Pioneer dan JVC dibanding dengan Toyota Avanza G yang memiliki Head Unit biasa yang hanya bisa memutar CD dan MP3 saja, namun untuk Velos dibekali dengan head unit yang istimewa yakni indash double din dengan fitur Head Unit yang sama dengan Daihatsu Xenia yang dilengkapi dengan steering switch control.

7. Bagian Roda (Velg)
Toyota Avanza untuk semua tipe menggunakan velg ukuran 14 inchi berbeda dengan Daihatsu Xenia yang dibekali dengan velg ukuran 13 inchi, namun untuk velg yang sangat style tetap velos yang punya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here