Home Mobil Tips Persiapan Sebelum Berangkat Mudik Dengan Mobil Pribadi

Tips Persiapan Sebelum Berangkat Mudik Dengan Mobil Pribadi

634
0

OTONITY.com – Tips Mudik Dengan Menggunakan Mobil Pribadi, Bulan suci Ramadhan tinggal menghitung hari dan tentu saja bagi para pekerja yang ada di kota-kota besar sedang mempersiapkan diri untuk pulang ke kampung halaman masing-masing saat lebaran tiba. Kegiatan yang biasa disebut oleh masyarakat dengan nama mudik selalu menjadi tradisi unik dan mungkin saja hanya terjadi di Indonesia. Biasanya pemudik pulang kampung menggunakan berbagai jasa transportasi baik umum maupun kendaraan pribadi.

Khusus bagi yang ingin pulang kampung dengan mobil pribadi harus mempersiapkan diri dengan matang dan tidak ketinggalan harus menyiapkan mobil dalam kondisi prima karena akan digunakan untuk menempuh jarak jauh. Ada beberapa bagian yang harus di cek sebelum berangkat mulai dari kondisi mesin, ban, kaki-kaki sampai spare part dan juga peralatan pendukung yang nantinya akan digunakan apabila dibutuhkan saat perjalanan.

Berikut tips persiapan sebelum berangkat mudik :

  1. Periksa kondisi mesin mobil

Cek Mesin Sebelum Mudik

Yang pertama cek kondisi mesin mobil karena ini merupakan komponen paling vital. Ada tiga unsur penting di dalam mesin yang menjadi perhatian khusus yaitu bensin, pengapian dan udara, Ketiganya merupakan peran yang menentukan kondisi mesin optimal atau tidak, misalnya saja filter udara harus diperiksa atau setidaknya dibersihkan terlebih dulu sebelum melakukan perjalanan jauh, selain itu fuel system juga perlu mendapat perawatan agar nantinya suplai bahan bakar menjadi lebih lancar sehingga mobil tidak boros, yang terakhir yaitu sistem pengapian seperti bagian busi juga ikut dicek dan apabila kondisinya sudah tidak baik diharuskan ganti dengan yang baru.

  1. Cek Kondisi Ban

Berikutnya yang tidak kalah penting yaitu bagian ban, pastikan ban mobil anda masih layak digunakan untuk perjalanan jarak jauh atau setidaknya pada permukaan ban tersebut masih terdapat kembang-kembang atau batik. Jika sudah tidak terlihat lagi dan mulai gundul sebaiknya ganti dengan yang baru karena akan sangat berbahaya sekali apabila dipaksa untuk digunakan. Sudah banyak kecelakaan saat mudik disebabkan oleh pengemudi yang tidak peduli terhadap kondisi ban kendaraan mereka. Biasanya mereka tetap memaksa menggunakan ban yang sudah tidak layak pakai dan akibatnya saat perjalanan jauh ban langsung meledak.

  1. Cek kondisi suspensi

Yang tidak kalah pentingnya yaitu bagian suspensi karena nantinya akan berhubungan langsung dengan kenyamanan pengemudi maupun penumpang selama perjalanan. Kondisi suspensi yang terawat sudah pasti terasa empuk dan nyaman namun jika suspensi tersebut mengalami masalah atau aus tentunya akan mengganggu perjalanan dan juga membahayakan. Sebaiknya sebelum berangkat mudik periksa bagian suspensi dan apabila memang perlu diganti silahkan ganti dengan yang baru.

  1. Gunakan GPS Mobil Yang Canggih

Selama perjalanan mudik mungkin anda akan mengalami beberapa kendala yang tidak hanya berasal dari kondisi mobil saja namun juga infrastruktur atau jalan yang anda lalui. Terkadang untuk bisa melewati halangan-halangan tersebut anda membutuhkan rute baru supaya dapat cepat sampai tujuan. Ada baiknya pada mobil anda sudah terpasang GPS canggih yang bisa membantu menentukan arah tujuan, selain mempercepat perjalanan GPS juga sangat membantu anda agar tidak tersesat.

Perangkat GPS sendiri sebenarnya sudah terpasang di mobil-mobil keluaran terbaru dan telah terintegrasi dengan internet. GPS tidak hanya menunjukkan arah jalan saja namun juga bisa digunakan untuk memantau fasilitas-fasilitas yang akan anda lalui seperti SPBU, hotel, bengkel, tempat ibadah hingga ATM dan rumah sakit.

  1. Persiapkan ban serep

Karena perjalanan yang anda tempuh cukup jauh sebaiknya bawa ban cadangan untuk mengantisipasi apabila ban mobil anda bocor atau meletus, dengan membawa ban serep anda tidak perlu khawatir jika jauh dari bengkel

  1. Bawa Peralatan dan Sparepart

Selain itu bawa pula peralatan maupun sparepart pendukung supaya nantinya anda merasa lebih tenang selama perjalanan. Beberapa peralatan yang bisa anda bawa diantaranya dongkrak mobil, kunci dan lain sebagainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here