Thursday, June 2nd, 2016 - Motor, News, Oto Guide

OTONITY.com – Cara Merawat Motor Antik Yang Mudah, Memiliki motor klasik memang menjadi kebanggaan tersendiri bagi kolektor karena selain menambah kepercayaan diri juga menjadikan pemilik terlihat lebih bergaya. Pasalnya motor klasik bukanlah barang yang mudah didapatkan dan bahkan perlu perjuangan yang keras untuk bisa memperolehnya. Apalagi secara perawatan motor dengan umur sudah tua pastinya sangatlah sulit, belum lagi kalau ada komponen yang mengalami kerusakan tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi pemilik untuk bisa mendapatkan onderdil penggantinya.

Merawat motor klasik Harus dilakukan secara berkala dengan meliputi seluruh bagian mulai dari mesin, bodi, ban sampai oli dan jenis bahan bakar yang digunakan agar nantinya motor tersebut tidak gampang mogok saat dikendarai. Umumnya penggemar motor klasik memang menggunakan kendaraan koleksinya tersebut hanya untuk senang-senang saja dan bukan sebagai kendaraan yang digunakan sehari-hari.

Berikut tips merawat motor jadul yang perlu anda ketahui :

  1. Ganti oli secara rutin

Sama seperti kendaraan lainnya motor klasik juga membutuhkan pelumas yang harus diganti secara rutin atau setidaknya setiap satu bulan sekali meskipun jarang digunakan, hal itu dilakukan supaya kualitas mesin dari motor jadul tersebut tetap terjaga mengingat apabila sudah mengalami kerusakan pada mesin sudah pasti untuk mencari penggantinya sangatlah susah.

Cara merawat motor antik

  1. Pakai bahan bakar beroktan tinggi

Meskipun mesin yang digunakan tergolong tua namun motor klasik diharuskan meminum bahan bakar dengan oktan tinggi, hal tersebut dikarenakan dengan memakai BBM jenis oktan tinggi seperti Pertamax atau Pertalite setidaknya kualitas mesin tetap terawat dengan baik. Jadi buat anda pemilik motor klasik yang masih menggunakan BBM premium sebaiknya segera beralih ke jenis yang lebih tinggi demi menjaga kualitas mesin kendaraan anda.

  1. Ganti dengan spare part asli

Jika mengalami kerusakan pada salah satu bagian sebaiknya belilah menggunakan spare part asli dari pabrikan. Selain secara kualitas yang lebih terjamin dengan menggunakan spare part asli membuat kendaraan anda bisa tampil lebih maksimal dan pastinya lebih menghemat pengeluaran. Jika anda menggunakan spare part palsu biasanya akan dengan sangat mudah mengalami kerusakan kembali sehingga anda harus mengeluarkan biaya yang lebih banyak untuk melakukan pergantian.

  1. Cek secara rutin

Jika motor klasik anda jarang digunakan tetap saja harus tetap dilakukan pengecekan setidaknya setiap seminggu sekali. Periksa bagian rem, pengapian, kelistrikan hingga ban supaya anda bisa mengetahui bagian mana yang mengalami kerusakan. Selain itu dengan sering dilakukan perawatan maka harga jualnya pun bakal tetap tinggi.

Itulah beberapa tips ringan cara merawat motor klasik yang bisa anda lakukan dirumah. Untuk mengetahui cara perawatan yang tepat serta cara memperoleh spare part dengan mudah anda juga bisa bergabung dengan komunitas-komunitas motor jadul yang saat ini sudah mulai menjamur di Indonesia. Dengan begitu anda akan mendapat lebih banyak pengetahuan baik cara merawat dan lain sebagainya.

Saat ini penggemar motor klasik juga semakin banyak karena selain menjadi barang koleksi juga menambah kesan mengingatkan masa dulu bagi penggunanya. Itulah sebabnya harga motor klasik khususnya yang selalu rutin dilakukan perawatan justru lebih mahal dibandingkan harga aslinya. Sepeda motor klasik memang tidak memiliki standar harga yang pasti karena biasanya penjual maupun pembeli melakukan negosiasi berdasarkan kualitas, tingkat originalitas dan juga tahun pembuatan dari motor tersebut. Biasanya jika motor klasik tersebut terawat dengan baik serta komponen yang terdapat didalamnya masih asli semua calon pembeli pun rela mengeluarkan biaya tinggi.

Ini Harga Motor Cleveland Di Indonesia Update Maret 2017

Harga Dan Spesifikasi Kawasaki W800 Indonesia, Ada 2 Pilihan Warna

Modifikasi Motor Cafe Racer Jadi Tren di Indonesia

SYM CB 300 Cafe Racer ABS Bakal Dipajang Di PRJ 2016

Cara Merawat Sepeda Motor Yang Masih Baru

Yamaha Jupiter MX 135 Harga, Fitur, Kelebihan Dan Kekurangan

Cara Mengurus Perpanjang SIM A, SIM C Dan SIM B

Yamaha MT-25 2017 Harga, Fitur Dan Kelebihan

Harga Moge Indian 2017 Di Indonesia Mulai Rp 400 – 800 Jutaan

Spesifikasi Mobil Porsche Macan Terbaru 2017 Indonesia