Home Datsun Komparasi Toyota Calya Dengan Datsun GO+ Panca

Komparasi Toyota Calya Dengan Datsun GO+ Panca

1321
0

OTONITY.com – Komparasi Datsun GO+ Panca MPV dan Toyota Calya 2016, PT Toyota Astra Motor (TAM) dikabarkan tengah mempersiapkan mobil MPV Low Cost Green Car (LCGC) yang sedianya bakal diluncurkan pada bulan Agustus mendatang. Tanda-tanda kehadiran mobil keluarga terbaru dengan nama Toyota Calya tersebut tentunya bakal bersaing langsung dengan Datsun GO+ Panca yang sudah lebih dulu menjadi penguasa di segmen LCGC. Mobil tujuh penumpang milik Datsun Indonesia tersebut memang terbilang cukup laris di pasar tanah air mengingat secara tampilan yang berdesain elegan namun juga memiliki harga sangat terjangkau. Dari pada penasaran berikut prediksi komparasi antara Toyota Calya dan Datsun GO+ Panca :

Mesin

Untuk Toyota Calya meskipun sampai sekarang belum diketahui secara pasti spesifikasi resminya karena pihak TAM belum juga memberikan keterangan, namun menurut bocoran dari berbagai sumber Toyota Calya bakal mengusung mesin berkode 3NR-FE dengan teknologi Dual VVT-i yang berkapasitas 1.197 cc e silinder bertenaga 86 Hp dan torsi puncak 108 Nm. Mesin yang digunakan oleh Toyota Calya tersebut sebenarnya sama dengan Toyota Etios namun bedanya mobil hatchback tersebut belum menggunakan teknologi Dual VVT-i.

Sementara itu untuk Datsun GO+ Panca sendiri menggunakan mesin berkapasitas 1.198 cc 3 silinder yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 67 Hp pada putaran 5.000 rpm dan torsi 104 Nm. Jika dilihat dari kapasitasnya baik Toyota Calya maupun Datsun GO+ Panca nyaris tidak memiliki perbedaan, kendati demikian mobil MPV murah milik Toyota lebih diunggulkan secara tenaga dan juga lebih efisien bahan bakar berkat hadirnya teknologi baru.

Datsun GO+ Panca

Desain

Soal desain Datsun GO+ tergolong cukup modern dengan mengusung grill depan yang khas sampai ke bahu belakang, sedangkan dibagian samping terdapat lekukan-lakukan yang atletis. Kemudian disektor ruang kabin kenyamanan mobil MPV ini bisa dikatakan lumayan bagus mengingat disematkannya beberapa fitur hiburan, sayangnya meskipun memiliki kursi tiga baris namun untuk yang paling belakang hanya terdapat ruang kurang begitu lega dan lebih cocok untuk ukuran anak-anak.

Sedangkan pada Toyota Calya desainnya cenderung lebih stylish dengan mengusung tampang depan yang mirip Toyota Yaris mulai dari grill hingga lampu utama. Sementara itu dibagian buritan sekilas tampilannya justru lebih mirip Toyota Kijang Innova terutama untuk bagian stop lamp. Hanya saja pada bagian ruang kabin masih belum ada bocoran sehingga kurang ada informasi pendukung.

Toyota Calya 2016

Fitur

Walaupun berharga murah Datsun GO+ Panca telah dibekali dengan berbagai fitur canggih nan modern misalnya saja MOBILE DOCKING STATION yang bisa diintegrasikan dengan smartphone untuk dapat menerima panggilan telepon maupun sms, selain itu ada juga fitur USB dan AUX, lampu Follow-me-home, rear power window, pendingin ruangan, Innteligent Wiper System, Windshield washer, Smart Meter dan masih banyak lagi.

Sementara itu Toyota Calya yang digadang-gadang memiliki harga diatas Toyota Agya akan dilengkapi dengan AC double blower, fitur One Touch Tumble, Bluetooth, seatbelt tiga titik, airbag untuk semua varian dan ISOFIX.

Harga

Berbicara masalah harga memang untuk Toyota Calya masih belum diketahui, kendati demikian menurut bocoran banderol dari mobil MPV murah ini akan berada diatas Toyota Agya dan dibawah Toyota Avanza, dengan demikian bisa diprediksi kalau banderol Toyota Calya bakal berada dikisaran angka Rp 125 juta sampai Rp 160 jutaan.

Banderol tersebut sudah pasti jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan harga Datsun GO+ Panca yang di situs resminya mobil ini dibanderol mulai Rp 95,6 juta sampai Rp 102,9 juta dengan status on the road Jakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here