Home Mobil Mobil Desa Buatan Semarang Ini Siap Diproduksi Massal, Harga Dibawah Rp 100...

Mobil Desa Buatan Semarang Ini Siap Diproduksi Massal, Harga Dibawah Rp 100 Juta

1319
0

OTONITY.com  – Mobil Desa Semarang 2016 Terbaru, Jika selama ini kita mengenal mobil Esemka yang sedang dipersiapkan untuk bisa diproduksi secara massal, namun ternyata Universitas Negeri Semarang juga sudah memiliki kendaraan yang siap menjadi mobil nasional dengan nama ‘mobil desa’. Sesuai namanya mobil tersebut diciptakan khusus untuk digunakan di wilayah pedesaan sesuai dengan karakter Jawa Tengah. Sedangkan untuk pembuatannya sendiri melibatkan pabrik lokal seperti sasis dibuat di Tegal sedangkan untuk rangka bodi dan mesin diproduksi di kota Semarang.

Hendra Prihadi selaku Walikota Semarang menjelaskan mobil desa tersebut sangat cocok sekali untuk daerah Semarang dan sekitarnya karena memang masyarakat lebih membutuhkan kendaraan tangguh mengingat medan di sekitar Jawa Tengah serta Yogyakarta cenderung pegunungan. Dirinya menambahkan mobil terbaru yang bakal menjadi produk nasional ini pun siap membantu berbagai upaya penanggulangan bencana. “Kita akan usahakan mobil asli Semarang ini dapat digunakan di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), ” imbuhnya.

Menurut Hendra mobil asli buatan para mahasiswa Universitas Negeri Semarang tersebut masih memakai mesin berkapasitas 1.0 liter, namun untuk kedepannya bisa juga dikembangkan dengan menggunakan mesin yang lebih besar yaitu mencapai 2.0 liter. Sementara itu Widya Ariadi yang merupakan pelopor produksi dari mobil desa tersebut mengungkapkan kendaraan karyanya itu sudah lulus standar emis Euro 2 dan telah diuji coba dengan melintasi jalan hingga 100 ribu kilometer di berbagai medan berat.

Soal harga menurut Widya mobil desa akan dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau bagi masyarakat yaitu dibawah Rp 100 juta. Mobil pikap yang dibalut dengan warna putih tersebut memiliki tenaga tangguh dan bahkan diklaim bisa menaiki tangga karena sudah didukung sistem penggerak 4×4. Untuk diketahui Universitas Negeri Semarang sejak tahun 2012 telah menjalin kerjasama dengan kementerian perindustrian untuk membuat mobil pedesaan namun popularitasnya masih kalah dengan mobil Esemka meskipun tidak jadi diproduksi secara masal sebagai mobil nasional. (Baca juga: Mobil Esemka Tidak Jadi Diproduksi Masal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here