Home Aksesoris Cara Mudah Pasang Lampu LED di Mobil Yang Aman Dan Benar

Cara Mudah Pasang Lampu LED di Mobil Yang Aman Dan Benar

3607
0

OTONITY.com – Tips Pasang Lampu LED Ke Mobil, Penggunaan lampu berteknologi LED pada kendaraan kini sudah semakin marak dan bahkan mulai menjadi andalan baru bagi para pabrikan setiap menghadirkan kendaraan baru khususnya untuk mobil. Lampu LED tidak hanya membuat nyaman pengendara ketika mengemudi di malam hari namun juga menambah kesan berkelas dan sporty terutama saat dilihat dari depan. Namun bagi anda yang memiliki mobil belum dilengkapi teknologi LED tidak perlu khawatir karena sekarang sudah banyak tempat-tempat penjualan komponen tersebut dengan harga beragam.

Biasanya para pembeli memilih lampu LED karena bisa menghasilkan cahaya lebih terang dibandingkan dengan lampu bohlamp maupun lampu Xenon. Selain itu penggunaan lampu jenis ini juga menghemat penggunaan daya sehingga aki tidak mudah tekor. Namun perlu diingat untuk memasang lampu LED ke sebuah mobil bukanlah hal yang mudah dan tidak sembarang mobil cocok dipasangkan. Misalnya saja lampu LED yang ingin ditanamkan ke lampu utama atau lampu belakang pad mobil-mobil Eropa akan sedikit menemui kendala. Hal itu karena mobil Eropa biasanya memiliki ECU yang terdapat sensor untuk lampu juga.

Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi kini lampu LED tidak cuma bisa dipasang di lampu utama atau lampu rem saja namun sekarang sudah banyak lampu LED variasi mulai dari berbentuk kecil yang bisa dipasang di kolong dashboard, plafon, trim sampai tuas pintu. Sedangkan untuk dipasangkan di lampu utama pada mobil lawas memang terdapat kendala karena lampu LED biasanya modelnya sama dengan lampu HID H4 sehingga tidak bisa diaplikasikan jika lampu utama sudah proyektor karena dudukannya lebih besar.

Pasang Lampu LED Mobil

Untuk bisa mengatasi hal tersebut satu-satunya cara yaitu dengan memberikan variasi berupa ring angle eyes di lampu proyektor tersebut. Penyematan LED juga bisa dilakukan di bagian alis di headlamp sekaligus menjadikannya sebagai DRL. Sementara itu apabila ingin memasang lampu LED disektor belakang variasinya justru lebih mudah dengan mengkombinasikan antara LED tambahan yang dibuat di reflektor.

Lampu LED saat ini terus mengalami perkembangan dan tidak hanya sebatas lampu penerang jalan saja. Kini sudah banyak lampu LED variasi yang bisa dipasangkan dimana saja termasuk di kolong ban sampai keliling ruang kabin dengan model warna-warni yang membuat kesannya lebih glamor. Namun diharapkan bagi anda yang ingin memasang lampu LED pada mobil baik itu sebagai penerangan atupun variasi sebaiknya lebih berhati-hati terutama yang membeli di tempat toko-toko bukan resmi.

Pasalnya harga dari LED tergolong cukup mahal dan jika anda sampai salah memilih atau kualitasnya kurang bagus maka anda sebagai konsumen yang merasa rugi. Untuk itulah disarankan jika anda ingin membeli lampu LED buat kendaraan datang langsung ke outlet resminya yang kualitasnya sudah terjamin serta mendapatkan garansi.

Harga lampu LED pada mobil pun bervariasi dan bisa dikatakan sangat mahal sekali. Misalnya saja LED untuk headlamp anda harus merogoh kocek Rp 7 juta sampai Rp 8 juta. Sedangkan untuk lampu belakang dijual dengan harga RP 4, juta. Kemudian untuk lampu ED biasa cuma dibanderol Rp 1 juta saja sementara itu DRL LED model continuous yang bisa berubah warna harganya tembus RP 4 juta. Ada juga Lampu LED kolong dasbor yang bisa anda dapatkan dengan harga Rp 1,5 juta.

Sedikit informasi untuk membedakan antara LED palsu atau asli cuku perhatikan pada bagian bodinya dan jika terdapat kode-kode dari pabrikan dipastikan barang tersebut memang asli. Selain itu waspada pula terhadap orang yang menawarkan lampu headlamp LED dengan banderol hanya Rp 1,2 juta saja. Pasalnya untuk yang aslinya sendiri dilepas ke pasaran dengan harga Rp 10 juta ke atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here