Monday, June 6th, 2016 - Motor, News, Oto Sport

OTONITY.com – Hasil MotoGP 2016 Seri Catalunya, Usai meraih hasil yang sangat mengecewakan pekan sebelumnya saat berlangsung di seri Mugello, akhirnya Valentino Rossi membayar tuntas di seri Spanyol yang berlangsung di sirkuit Catalunya pada hari Minggu (5/6) waktu setempat. Pebalap Movistar Yamaha ini sebenarnya mengawali balapan dengan kurang baik setelah dirinya harus start dari posisi kelima dan meskipun sempat tercecer hingga posisi delapan namun secara perlahan Rossi berhasil naik hingga posisi enam saat putaran kedua.

Tidak berselang lama Rossi terus berusaha mempertahankan jalurnya dan kemudian dengan memanfaatkan celah kesalahan antara Andrea Iannone serta Maverick Vinales akhirnya The Doctor berhasil naik ke posisi keempat. Setelah itu Rossi terus tancap gas hingga berada di posisi ketiga setelah berhasil melakukan overtake pada Dani Pedrosa. Sementara itu rekan satu timnya yaitu Lorenzo yang mengawali start dari posisi terdepan sebenarnya tampil sangat baik hingga beberapa lap. Namun Lorenzo secara perlahan dapat disalip oleh pebalap lain dan puncaknya menjelang 7 lap terakhir rider tuan rumah ini terjatuh setelah motor Yamaha M1 miliknya ditabrak oleh Andrea Iannone. Keduanya terpaksa tidak dapat melanjutkan balapan dan Lorenzo pun terlihat sangat kecewa karena tida bisa naik podium di rumahnya sendiri.

Usai Lorenzo terhempas persaingan tinggal menyisakan Marc Marquez dan Valentino Rossi, pada tiga lap terakhir Marquez masih memimpin balapan namun karena sedikit kesalahan Rossi berhasil merebut posisinya. The Doctor akhirnya berhasil naik podium pertama di susul oleh Marc Marquez diurutan kedua dan pebalap tuan rumah lainnya yaitu Dani Pedrosa dari Repsol Honda diperingkat ketiga. Sedangkan pebalap andalan Suzuki Ecstar Maverick Vinales harus puas finish diurutan keempat dan Pol Espargaro kelima.

MotoGP 2016 Catalunya

MotoGP seri Catalunya sendiri berlangsung dalam keadaan berkabung setalah rider Moto2 asal Spanyol Luis Salom tewas saat sesi latihan setelah mengalami kecelakaan hebat. Awalnya seri Catalunya akan ditunda demi menghormati Salom namun akhirnya pihak kelurga merestui gelaran MotoGP tetap digelar sesuai jadwal, sementara itu pihak Dorna selaku penyelenggara balap motor paling bergengsi di dunia tersebut memilih untuk menggunakan jalur yang biasa digunakan sebagai ajang F1 demi keselamatan para rider lainnya.

Dengan kemenangan yang diraihnya tersebut membuat peluang Rossi untuk meraih gelar juara dunia kembali terbuka dan selisih poinnya pun menjadi semakin kecil. Sementara itu pemimpin klasemen sementara diambil alih oleh Marc Marquez dengan 125 poin lalu diurutan kedua ada Jorge Lorenzo yang mengumpulkan 115 poin. Valentino Rossi ada diperingkat ketiga dengan 103 poin dan Dani Pedrosa keempat dengan 82 poin.

Berikut klasemen sementara MotoGP 2016 usai seri Catalunya

1 Marc Marquez Repsol Honda – 125 poin

2 Jorge Lorenzo Movistar Yamaha – 115 poin

3 Valentino Rossi – Movistar Yamaha – 103 poin

4 Dani Pedrosa – Repsol Honda – 82 poin

5 Maverick Vinales – Team Suzuki Ecstar – 72 poin

6 Pol Espargaro – Monster Yamaha Tech 3 – 59 poin

7 Aleix Espargaro – Team Suzuki Ecstar 49 poin

8 Hector Barbera – Avintia Racing – 49 poin

9 Andrea Dovizioso – Ducati Team – 43 poin

10 Andrea Iannone – Ducati Team – 41 poin

11 Eugene Laverty – Aspar Team MotoGP 39 poin

12 Bradley Smith – Monster Yamaha Tech 3 – 29 poin

13 Stefan Bradl – Aprilia Racing Team Gresini – 29 poin

14 Alvaro Bautista – Aprilia Racing Team Gresini – 29 poin

15 Danilo Petrucci – Octo Pramac Yakhnich – 24 poin

16 Cal Crutchlow – LCR Honda – 20 poin

17 Michele Pirro – Octo Pramac Yakhnich – 19 poin

18 Scott Redding – Octo Pramac Yakhnich – 16 poin

19 Tito Rabat – Estrella Galicia 0,0 Marc VDS – 13 poin

20 Loris Baz – Avintia Racing – 8 poin

21 Jack Miller – Estrella Galicia 0,0 Marc VDS – 7 poin

22 Yonny Hernandez – Avintia Racing – 3 poin

Berikut Jadwal Lengkap MotoGP 2017 Serta Daftar Pembalap

Marquez Pecahkan Rekor Rossi Sebagai Pebalap Termuda Dengan 5 Gelar Juara

Marquez Juara Dunia MotoGP 2016 Dengan 9 Rekor Baru

Peluang Juara Rossi Juara Dunia MotoGP 2016 Hampir Mustahil

Marquez Juara GP Aragon, Ini Klasemen Sementara MotoGP 2016

Yamaha Jupiter MX 135 Harga, Fitur, Kelebihan Dan Kekurangan

Cara Mengurus Perpanjang SIM A, SIM C Dan SIM B

Yamaha MT-25 2017 Harga, Fitur Dan Kelebihan

Harga Moge Indian 2017 Di Indonesia Mulai Rp 400 – 800 Jutaan

Spesifikasi Mobil Porsche Macan Terbaru 2017 Indonesia