Home Motor Tips Mengatasi Motor Sulit Dihidupkan Saat Cuaca Dingin

Tips Mengatasi Motor Sulit Dihidupkan Saat Cuaca Dingin

1053
0

OTONITY.com – Mengatasi Motor Sulit Nyala Ketika Pagi Hari, Motor-motor keluaran terbaru biasanya sudah dilengkapi dengan teknologi yang semakin mutakhir yang bertujuan untuk mempermudah pemiliknya, namun bagi orang awam dan kurang begitu mengenal sistem kendaraan justru teknologi tersebut bisa membuat bingung pemiliknya. Salah satu kejadian yang sering terjadi yaitu motor tiba-tiba sulit dihidupkan pada saat kondisi mesin sedang dingin, padahal biasanya hal tersebut tidak pernah terjadi sehingga membuat panik pemiliknya.

Untuk motor dengan mesin karburator biasanya hal itu bisa terjadi karena komposisi antara bahan bakar dengan udara tidak sebanding dan untuk mengatasi sulit dihidupkan tersebut anda bisa menggunakan cara dengan melakukan choke pada motor sebelum melakukan starter. Selain itu cek pula pada bagian elektroda busi dari hasil pembakaran apabila warnanya masih cokelat berarti masih normal namun jika berwarna hitam pekat maka dapat dipastikan businya yang bermasalah. Untuk mengatasinya silahkan ganti dengan busi baru yang bisa anda beli di bengkel. Busi sebaiknya diganti setiap pemakaian 8.000 km agar sistem pembakaran menjadi lebih sempurna.

Sementara itu untuk motor dengan teknologi mesin injeksi pada keluaran terbaru sebenarnya jarang sekali mengalami kondisi mesin sulit dihidupkan pada saat kondisi dingin mengingat di dalam sistem tersebut telah dilengkapi dengan serangkaian sensor. Apabila motor injeksi sulit dihidupkan terutama pada pagi hari silahkan standar menggunakan tengah lalu gunakan kick starter beberapa kali dalam kondisi kunci off. Jika tetap tidak berhasil maka kemungkinan ada gangguan pada indikator MIL (Malfuction Indicator Lamp) yang biasanya terhubung dengan pengoperasian throttle body serta maupun IACV (Idle Air Control Valve).

Sebaiknya untuk mengatasi hal tersebut bawa motor injeksi anda ke bengkel resmi untuk dilakukan penanganan yang lebih lanjut karena jika anda bawa ke bengkel biasa dikhawatirkan apabila kembali mengalami kerusakan justru menambah beban anda sendiri. Sedangkan di bengkel resmi selain memperoleh suku cadang asli anda juga bisa mendapatkan garansi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here