Home Jenis Mobil Hatchback Honda Jazz Terbaru Mesin Turbo Belum Tentu Masuk Indonesia

Honda Jazz Terbaru Mesin Turbo Belum Tentu Masuk Indonesia

342
0
SHARE

OTONITY.com – Mobil Honda Jazz 2016 Mesin Turbo Terbaru, Salah satu majalah Jepang menampilkan desain dari Honda Jazz model terbaru yang menurut informasi kini mengusung mesin baru yaitu berkapasitas 1.0 liter turbo. Meskipun diprediksi bakal diluncurkan dalam waktu dekat namun sayangnya peluang New Honda Jazz turbo untuk masuk ke Indonesia sangatlah tipis. Pihak PT Honda Prospect Motor (HPM) beranggapan mesin 1.0 liter pada Honda Jazz belum ada rencana untuk dijual di tanah air. Sebelumnya HPM sudah merilis mobil dengan mesin turbo yang disematkan ada All New Honda Civic bermesin 1.5 liter pada bulan April lalu.

HPM hanya menawarkan Honda Civic dengan satu pilihan mesin yaitu 1.5 liter dan keputusan itu dianggap cukup menguntungkan bagi pabrikan Honda Indonesia karena hanya terkena Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) sebesar 30 persen yang ditetapkan pemerintah. Sedangkan untuk pilihan mesin Honda Civic 1.8 liter tidak dimasukkan ke Indonesia karena dipastikan terkena pajak PPnBM sebesar 40 persen.

Jika Honda Jazz terbaru dipasarkan di Indonesia maka akan kena pajak golongan PnBM sebesar 10 persen namun banderolnya bakal lebih mahal dari sebelumnya mengingat teknologi turbo. Hal itu diakui langsung oleh Jonfis Fandy selaku Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM bahwa mesin turbo membuat harganya lebih malah, namun kalau harganya menjadi semakin tinggi cukup sulit untuk bisa dijual d Indonesia, meskipun demikian tidak menutup kemungkinan mobil hatchback terbaru tersebut dijual di tanah air.

Honda Jazz Bekas

Untuk diketahui Honda Civic generasi sepuluh yang baru saja diluncurkan merupakan mesin turbo pertama yang dijual oleh Honda di Indonesia. Dengan adanya mesin tersebut tenaga mobil menjadi lebih besar dan semakin agresif meskipun kapasitas yang digunakan lebih kecil dari model sebelumnya.

Honda Jazz sendiri di Indonesia sempat populer di awal 2010 namun kini namanya mulai kalah karena hadirnya beberapa mobil LCGC dan juga crossover, selain itu PT HPM juga tidak terlalu memprioritaskan mobil hatchback tersebut dan memilih dua mobil SUV keren yaitu Honda BR-V dan juga Honda HR-V untuk menjadi andalan baru. Memang sudah waktunya bagi Honda Jazz untuk mendapatkan penyegaran di tanah air seperti halnya Honda Mobilio yang mengalami sentuhan baru di tahun 2016 ini.

Sedangkan Honda Jazz dengan mesin turbo dikabarkan bakal diluncurkan di Jepang dengan menggunakan desain yang jauh lebih sporty terutama pada sektor depan berkat hadirnya lampu LED, bumper model baru serta grill lebih mirip seperti Honda HR-V. Sementara itu untuk dapur pacunya yang diklaim akan memakai mesin berkapasitas 1.0 liter teknologi turbo tiga silinder dengan didukung direct injection sanggup menghasilkan tenaga mencapai 127 hp dan torsi puncak 200 Nm.

Untuk diketahui mobil hatchback ini sudah dipasarkan di beberapa negara dan memiliki nama yang berbeda-beda pula, jika di Indonesia mobil keren tersebut bernama Honda Jazz maka di negara asalnya yaitu Jepang mobil ini disebut dengan nama Honda Fit. Selain nama setiap negara juga memiliki pilihan mesin yang berbeda pula mulai dari 1.2 liter, 1.3 liter dan 1.5 liter. Sedangkan untuk pasar Indonesia lebih memilih mesin 1.5 liter VTEC.

Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya dari pihak Honda Indonesia apakah untuk kedepannya bakal memboyong versi mesin turbo tersebut atau lebih memilih memberikan penyegaran saja pada Honda Jazz. Walaupun pasarnya cukup kecil namun mobil yang satu ini memiliki penggemar yang cukup banyak dan konsumen loyal mengingat tampilannya sangat elegan nan berkelas seperti mobil Eropa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here