Home Motor Motor Matik Motor Matik Harus Pakai Oli Khusus, Ternyata Ini Alasannya

Motor Matik Harus Pakai Oli Khusus, Ternyata Ini Alasannya

758
0

OTONITY.com – Manfaat Oli Khusus Pada Motor Matik, Motor matik saat ini menjadi favorit bagi kebanyakan masyarakat Indonesia, selain memiliki harga yang murah kendaraan jenis ini juga cocok digunakan oleh semua kalangan baik itu laki-laki maupun perempuan. Tentu saja sistem kerja mesin yang digunakan oleh motor skuter sangat berbeda dibandingkan dengan motor sport ataupun bebek sehingga cara perawatannya pun juga tidak sama. Salah satu yang cukup membedakan yaitu penggunaan oli atau pelumas dimana untuk motor matik diwajibkan menggunakan oli khusus.

Produsen dari motor matik memang mengharuskan konsumennya untuk menggunakan oli khusus agar mesin dari skuter tersebut tetap tampil prima. Ada beberapa alasan mengapa oli untuk motor matik berbeda dengan motor jenis bebek atau sport. Hal itu dikarenakan mesin skutik cenderung lebih kecil dan memiliki putaran yang tinggi sehingga membuat mesin tersebut cepat panas dibandingkan dengan sepeda mtoor biasa. Jika tidak ditangani dengan benar maka bisa saja mesin mengalami overheat yang tentunya merugikan pemiliknya.

Alasan lain skuter harus menggunakan oli khusus yaitu sistem kopling pada motor matik berjenis kering sedangkan pada motor biasa memakai kopling basah sehingga oli skutik dirancang dengan memiliki formulasi rendah gesekan. Selain itu oli khusus matik memiliki kekentalan yang lebih baik dari olli manual karena temperatur pada mesin mesin skuter lebih tinggi sehingga dengan cairan yang lebih kental membuatnya lebih tahan terhadap penguapan. Itulah sebabnya para pabrikan motor matik menciptakan oli khusus agar mesin dari kendaraan bertransmisi otomatis tersebut lebih awet dan tidak mudah rusak.

Motor Matik Harus Pakai Oli Khusus

Jika tidak menggunakan oli khusus dikhawatirkan motor matik mengalami panas berlebih atau overheat dan berakibat kendaran menjadi semakin tidak bertenaga serta pengeluaran bahan bakar pun juga semakin boros. Untuk itulah sebaiknya gunakan oli khusus pada sepeda motor matik anda dan ganti secara teratur agar kualitas mesin tetap terjaga. Untuk mendapatkan oli motor yang asli disarankan menggantinya di bengkel resmi namun tidak ada salahnya juga di bengkel biasa asalkan sudah terpercaya dan telah terbukti kualitasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here