Home Motor Penjualan Sepeda Motor Bulan Mei 2016 Mengalami Penurunan

Penjualan Sepeda Motor Bulan Mei 2016 Mengalami Penurunan

500
0

OTONITY.com – Daftar Merek Motor Terlaris Mei 2016 Di Indonesia, Meskipun menjelang bulan ramadhan namun penjualan sepeda motor di Indonesia pada bulan Mei 2016 kemarin sedikit mengalami penurunan dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Padahal pada tahun-tahun lalu setiap mendekati bulan puasa penjualan kendaraan roda dua selalu naik drastis dan meningkat tajam. Menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) pada bulan Mei 2016 kemarin tercatat dari lima anggota AISI yaitu Honda, Yamaha, Kawasaki, Suzuki dan TVS mengalami penurunan penjualan dan jumlah sepeda motor yang di kirim untuk pasar dalam negeri hanya mencapai 461.506 unit saja. Sementara itu di bulan April lalu AISI mencatat penjualan motor bisa meraih angka 4.78.036 unit atau mengalami penurunan hingga 3,45 persen.

Pabrikan PT Astra Honda Motor masih menjadi yang terlaris untuk pasar Indonesia, pabrikan berlogo sayap kepak ini sukses membukukan penjualan sebanyak 339.128 unit. Namun sebenarnya jumlah penjualan tersebut juga mengalami penurunan dibandingkan bulan April lalu yang mencapai 348.626 unit. Sedangkan pesaing terdekatnya yaitu Yamaha ada diurutan kedua dengan meraih penjualan sekitar 112.145 unit di bulan Mei 2016, angka tersebut juga mengalami penurunan dimana pada bulan sebelumnya motor dari pabrikan berlogo garpu tala ini mencapai 120.158 unit.

Tidak jauh berbeda dengan dua pabrikan sebelumnya PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) juga mengalami penurunan penjualan pada bulan Mei 2016 yaitu hanya meraih angka sebesar 6.909 unit saja sedangkan untuk bulan April lalu sukses membukukan penjualan hingga 7.190 unit. Yang menarik PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) justru menjadi satu-satunya pabrikan yang mengalami peningkatan penjualan yaitu pada bulan Mei berhasil meraih angka hingga 3.109 unit, padahal pada bulan April lalu penjualan motor dari pabrikan berlogo huruf S ini cuma mencapai 1.883 unit. Yang terakhir yaitu PT TVS Motor Indonesia dengan hanya mampu memberikan sumbangan penjualan sebanyak 215 unit saja pada bulan Mei 2016 sedangkan di bulan April lalu penjualannya bisa menyentuh angka 229 unit.

TVS Apache RTR 200 2016 Indonesia

Banyak faktor yang menyebabkan penjualan sepeda motor di Indonesia mengalami penurunan terutama saat menjelang bulan ramadhan seperti saat ini. Salah satunya yaitu diakibatkan kenaikan harga kebutuhan pokok yang semakin tidak terkendali dan tentunya membuat pengeluaran menjadi semakin banyak sehingga membuat masyarakat yang sebelumnya ingin membeli motor baru lebih memilih menunda terlebih dulu. Padahal beberapa pabrikan sepeda motor memberikan program yang cukup menguntungkan bagi calon konsumennya mulai dari penawaran diskon potongan harga sampai DP rendah.

Sebenarnya tahun ini para pelaku agen pemegang merek (APM) khususnya anggota AISI telah meluncurkan banyak sekali produk terbaru mulai dari segmen motor matik, bebek, hingga motor sport. Misalnya saja PT AHM yang menghadirkan andalan-andalan terbarunya mulai dari Honda PCX facelift, Honda CBR150R sampai yang terbaru Honda Supra GTR150.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here