Home Mobil Ini Faktor Penyebab Mobil Bisa Terbakar Dan Cara Mencegahnya

Ini Faktor Penyebab Mobil Bisa Terbakar Dan Cara Mencegahnya

676
0

OTONITY.com – Penyebab Utama Mobil Bisa Terbakar, Meskipun jarang terjadi namun mobil kejadian mobil terbakar dengan sendirinya pernah dialami oleh beberapa orang. Kejadian tersebut tentu saja sangat mengerikan karena bukan tidak mungkin bisa memakan korban. Setidaknya ada beberapa faktor yang menyebabkan mobil bisa terbakar mulai dari kesalahan pengemudi, mesin tidak layak hingga faktor eksternal.

Oli Mesin

Tanpa diketahui oleh banyak pihak ternyata rembesan oli mobil juga bisa mengakibatkan kebakaran. Biasanya pemilik mengisi oli tanpa mengetahui takaran dan bahkan terlalu banyak sehingga pelumas berceceran ke ruang mesin hingga menggenangi seputaran baut header dan akibatkan saat mesin mengalami panas berlebihan mobil pun terbakar akibat header knalpot yang membakar oli tersebut.

Penyebab lain karena oli bisa juga terjadi karena pemilik tidak pernah mengganti oli gardan, jika lama tidak diganti maka seal-seal gardan menjadi getas dan membuat oli kemudian merembas keluar. Rembesan pelumas tersebut akhirnya terkena bagian gardan yang panas sehingga terjadilah kebakaran. Hanya saja kasus tersebut sangat jarang sekali terjadi mengingat oli baru bisa terbakar apabila suhu mencapai 200 derajat. Untuk mencegah hal tersebut sebaiknya selalu ganti oli gardan anda dan jangan sembarangan saat mengganti oli.

Knalpot Bocor

Penyebab lain yang bisa mengakibatkan terbakar yaitu karena knalpot mobil yang bermasalah. Pada bagian exhaust system memiliki hubungan langsung dengan api sisa pembakaran di cylinder head sehingga ada beberapa kasus yang mengakibatkan mobil terbakar karena header atau exhaust dengan bahan dasar babet bolong kemudian api bisa keluar dari lubang tersebut. Apalagi kalau bagian tersebut sangat berdekatan dengan tangki bahan bakar yang tentunya menambah bahaya. Untuk saat ini mobil-mobil keluaran terbaru telah dilengkapi dengan sekat pada header atau exhaust yang bertujuan untuk menangkal kebocoran api.

Korslet pada kelistrikan mobil

Penyebab yang paling sering terjadi pada kebakaran mobil yaitu karena adanya masalah di kelistrikan, seperti diketahui hampir semua perangkat yang ada pada kendaraan dilengkapi dengan kabel sehingga jika ada masalah sedikit saja akibatnya bisa sangat fatal. Untuk itulah sangat disarankan kalau anda ingin melakukan modifikasi atau pemasangan aksesoris sebaiknya dilakukan secara hati-hati dan sesuai prosedur. Salah satu contohnya yaitu apabila anda ingin memasang lampu tambahan di dalam kabin perhatikan terlebih dulu kualitas dari kabel tersebut dan juga kualitas soket.

Jika tidak berkualitas dikhawatirkan kabel mudah terkelupas dan akibatnya saat bagian tersebut menempel pada bodi mobil bisa mengakibatkan korslet. Untuk mencegah hal tersebut terjadi sebaiknya gunakan kabel, sambungan, terminal dan sekring yang bagus serta tidak murahan. Selain itu saat melakukan pemasangan lebih baik serahkan pada ahlinya untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan.

Bahkan kebakaran mobil juga bisa diakibatkan oleh kebiasaan pemilik yang melakukan charger di dalam mobil, sebenarnya tidak ada masalah kalau kabel charger yang digunakan bermerek dan memiliki kualitas tinggi, namun jika menggunakan charger murahan dikhawatirkan bisa menimbulkan kebakaran karena kabel tersebut meleleh lalu membakar dashboard. Untuk itulah bagi yang kebiasaan mengeces di dalam mobil sebaiknya langsung cabut charger anda setelah tidak lagi digunakan.

Selang bensin bocor

Selang bensin yang hanya terbuat dari material karet tentunya memiliki masa pakai dan jika sudah waktunya diganti maka harus segera dibawa ke bengkel. Apabila pemilik mengabaikannya tentu bisa sangat berbahaya karena selang tersebut akan bocor kemudian jika terkena percikan api sedikit saja bisa langsung membakar mobil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here