Home Daihatsu Adik Avanza-Xenia Mampu Konsumsi BBM Hingga 20 Km/Liter

Adik Avanza-Xenia Mampu Konsumsi BBM Hingga 20 Km/Liter

3076
0

OTONITY.com – Konsumsi Bensin Toyota Calya Dan Daihatsu Sigra, Peluncuran dua mobil MPV kembar dari PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dan PT Toyota-Astra Motor (TAM) tinggal menunggu waktu, meskipun masih dirahasiakan oleh pihak pabrikan namun tetap saja ada bocoran informasi mengenai mobil baru yang nantinya akan berada di segmen LCGC tersebut. Bahkan yang terbaru menurut informan konsumsi BBM dari Toyota Calya dan Daihatsu Sigra tidak akan jauh berbeda dengan Agya-Ayla yaitu berada di kisaran 20 kilometer per liter. Tentu saja ini sangat menguntungkan sekali bagi para pemiliknya nanti karena selain bisa mendapatkan produk dengan harga murah juga memperoleh mobil yang sangat hemat bahan bakar.

Saat ini menurut informasi Toyota Calya dan juga Daihatsu Sigra sedang dipersiapkan untuk diproduksi dengan melibatkan teknisi lokal dan Jepang. Bagi calon konsumen yang sudah tidak sabar untuk bisa memiliki mobil MPV murah tersebut bisa mendatangi gelaran ajang otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 yang berlangsung pada pertengahan bulan Agustus nanti. Sayangnya untuk masalah harga kedua mobil tersebut masih dirahasiakan.

Sekedar informasi pihak Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membuat kebijakan mengenai mobil murah ramah lingkungan atau biasa disebut dengan LCGC, melalui peraturan Menteri Perindustrian No. 33/M-IND/PER/7/2013 yang membahas mengenai Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Roda Empat Hemat Energi dan Harga Terjangkau. Dalam peraturan tersebut menjelaskan untuk mobil LCGC dengan mesin bensin berkapasitas 980-1.200 cc harus memenuhi standar efisiensi bahan bakar yaitu di angka 20 km/liter. Sedangkan untuk mesin diesel dengan kapasitas hingga 1.5 liter juga harus memiliki konsumsi bahan bakar 20 km/liter.

Toyota Calya Dan Daihatsu Sigra

Selain itu mobil murah ramah lingkungan juga diharuskan mengkonsumsi bahan bakar jenis RON 92 untuk mesin bensin dan CN 51 pada mesin diesel. Hal itu diterapkan agar mobil tetap sesuai dengan peraturan yaitu ramah terhadap lingkungan serta menjaga kualitas mesin agar tetap baik. Itu berarti Toyota Calya nantinya juga bakal diperlakukan yang sama dengan mobil LCGC lainnya meskipun statusnya sebagai pendatang baru. Sebagai informasi mobil MPV murah tersebut sebenarnya sempat dipajang di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 dalam bentuk konsep UFC-3 di booth PT Astra Daihatsu Motor.

Sementara itu menurut Amelia Tjandra selaku Marketing Director PT ADM Daihatsu UFC-3 merupakan penyempurnaan dari konsep yang sebelumnya sudah lebih dulu diperkenalkan. Namun untuk bisa diproduksi massal di Indonesia pihak Daihatsu masih mempelajari dan menyesuaikan dengan kebutuhan pasar masyarakat tanah air. Kehadiran mobil murah yang diprediksi akan diluncurkan pada tahun 2016 ini sekaligus menjadi pesaing baru bagi Datsun GO+ Panca yang sudah lebih dulu menguasai pasar mobil MPV LCGC.

Sayangnya sampai sekarang bak pihak ADM maupun PT TAM belum pernah merilis spesifikasi lengkap dari produk barunya tersebut, Sementara itu untuk Daihatsu UFC-3 sendiri memiliki dimensi  panjang 3.900 mm, lebar 1.690 mm, tinggi 1.620 mm dan jarak sumbu roda 2.750 mm. Sedangkan untuk urusan dapur pacu menurut informasi Toyota Calya akan hadir dalam satu pilihan mesin yaitu berkapasitas 1.2 liter sama seperti yang dimiliki oleh Toyota Etios. Sementara itu Daihatsu Sigra menurut bocoran bakal memiliki dua pilihan mesin yaitu berkapasitas 1.0 liter dan 1.2 liter seperti milik Toyota Calya.

Berbicara masalah harga Toyota Calya akan mengisi kekosongan antara celah Toyota Agya dan juga Toyota Avanza, sedangkan Daihatsu Sigra bakal berada diantara Daihatsu Ayla serta Daihatsu Great New Xenia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here