Empat Motor Sport Buatan Yamaha Indonesia Harus Direcall, Apa Penyebabnya?

0

OTONITY.com – Motor Sport Yamaha Indonesia 2016 Alami Masalah, Yamaha Motor Corporation melalui website resminya mengumumkan surat edaran mengenai recall tiga motor sport buatan Indonesia yaitu Yamaha R25, Yamaha R3, MT-25 dan MT-03. Keempat sportbike tersebut dianggap memiliki beberapa masalah dan sebagai wujud tanggung jawab pihak pabrikan kepada konsumennya Yamaha akan melakukan penarikan dengan tujuan memperbaiki agar lebih prima dan berkualitas. Menurut laporan yang diberikan oleh Yamaha Jepang tersebut setidaknya ada 15.072 uniy motor sport buatan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang harus dilakukan recall.

Model Yamaha R25 menjadi yang paling banyak ditarik dengan jumlah mencapai 8.614 unit kemudian MT-25 sebanyak 2.226 unit dengan produksi antara Oktober 2014 sampai Mei 2016 kemarin. Ada tiga penyebab mengapa motor-motor sport buatan YIMM tersebut harus direcall yaitu yang pertama karena masalah mekanisme gigi penggerak pompa oli. Karena letaknya yang berada di bak mesin sebelah kanan membuat gigi yang terbuat dari semacam plastik mudah mengalami kerusakan akibat putaran dari tekanan tinggi oli yang bersirkulasi.

Kemudian penyebab kedua ada pada leher kopling yang tidak cukup kuat untuk menerima tekanan kopling sehingga proses pindah gigi menjadi lebih berat. Sementara itu menurut M. Abidin selaku GM Service & Motorsport PT YIMM mengungkapkan bahwa kemungkinan terjadinya masalah tersebut karena suplai oli kurang akibat terlalu sering main RPM rendah. Sementara itu untuk penyebab yang terakhir adalah rute selang rem depan yang kurang tepat sehingga saat berjalan selang rem sering bersenggolan dengan radiator.

Yamaha R25

Namun khusus untuk penyebab ketiga tersebut hanya ada varian Yamaha MT-25 saja, meskipun belum sampai ada laporan yang membuat kecelakaan atau kejadian buruk namun pihak Yamaha sepertinya memang tidak ingin tinggal diam dan akhirnya memilih untuk melakukan recall demi kenyamanan pemiliknya.

Yang terbaru pihak YIMM akhirnya memberikan pengumuman resmi mengenai recall tersebut melalui situs website resminya. Pada pernyataan tersebut pihak YIMM akan bertanggung jawab mengenai permasalahan yang terjadi dan dalam waktu dekat segera melakukan perbaikan terhadap model-model yang dimaksud. Berikut pernyataan resmi recall dari pihak Yamaha Indonesia :

Pelanggan, Pemilik, dan Pemakai Yamaha YZF-R25 dan MT25.

Terima kasih atas kepercayaannya memilih dan membeli Yamaha YZF-R25 dan MT25.

Pada tanggal 14 Juni 2016, Yamaha Motor Company Jepang mengumumkan mengenai perbaikan beberapa komponen pada Yamaha YZF-R25, YZF-R25A, YZF-R3A, MT250, dan MT320.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, selaku produsen kelima produk global tersebut juga bertanggung jawab untuk menjamin kualitas sepeda motor Anda di Indonesia.

Dalam waktu dekat, kami akan segera mengumumkan tata cara penanganan pelanggan kami. Oleh karena itu, dimohon untuk menunggu sampai persiapan kami selesai. Pengumuman resmi akan kami sampaikan melalui website ini dan jaringan dealer resmi Yamaha.

Kami sangat menghargai bila Anda berkendara mengikuti buku petunjuk pemilik. Silahkan datang ke dealer resmi Yamaha terdekat bilamana Anda memiliki keluhan ini di sepeda motor Anda.

Sumber Yamaha-motor.co.id

Dengan pernyataan tersebut dapat dipastikan kalau Yamaha Indonesia akan segera dilakukan penarikan untuk diperbaiki komponan yang bermasalah. Sekedar informasi baik Yamaha R25 maupun MT-25 menggunakan mesin yang sama namun beda rupa, untuk R25 lebih mengarah ke model sporty balap sedangkan Yamaha MT-25 merupakan versi telanjang. Sementara itu untuk dua motor lainnya yaitu Yamaha MT-03 dan R3 yang juga terkena imbas recall memang tidak dijual di Indonesia karena pihak YIMM lebih memilih untuk mengekspornya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY