Manfaat Menggunakan Angin Nitrogen Pada Ban Mobil

0

OTONITY.com – Keuntungan Pakai Angin Nitrogen Pada Ban Mobil, Saat ini sudah banyak kita temui SPBU yang menawarkan jasa pengisian angin ban menggunakan nitrogen, meskipun sudah semakin marak dijumpai namun nyatanya banyak pula masyarakat yang belum mengetahui apa itu angin hidrogen dan apa manfaatnya bagi ban kendaraan. Bahkan pihak pabrikan mobil menyarankan bagi pengguna kendaraan roda empat untuk menggunakan nitrogen dibandingkan dengan udara biasa.

Tidak perlu berlama-lama berikut manfaat dan keuntungan menggunakan angin hidrogen pada ban mobil :

  1. Stabilitas mobil maksimal

Yang pertama yaitu dengan menggunakan nitrogen maka tekanan angin di dalam ban menjadi lebih stabil, hal itu bisa terjadi karena partikel molekul pada nitrogen lebih besar dibandingkan dengan molekul udara pada oksigen sehingga sulit untuk bisa keluar dari pori-pori ban itu sendiri.

  1. Membuat bahan bakar lebih efisien

Menggunakan angin nitrogen pada ban ternyata juga bisa membantu membuat konsumsi bahan bakar semakin irit. Hal itu dikarenakan tekanan angin pada ban yang lebih optimal membuat permukaan ban yang menempel ke jalan menjadi lebih sempurna sehingga konsumsi BBM pun menjadi lebih hemat sekitar 3,3 persen, sedangkan ketika menggunakan angin biasa pada ban tidak begitu berpengaruh karena molekul yang terdapat didalamnya tidak memberikan tekanan optimal.

  1. Lebih aman

Perlu diketahui suhu pada angin nitrogen lebih rendah dibandingkan dengan menggunakan oksigen sehingga membuat angin yang ada di dalam ban lebih stabil alias tidak naik turun, dengan demikian maka ban tersebut akan terhindar dari resiko meletus akibat kepanasan yang berlebih.

  1. Ban jadi lebih awet

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa suhu ban saat menggunakan nitrogen lebih rendah serta stabil sehingga permukaan dalam ban menjadi lebih awet karena tidak menerima panas yang berlebihan. Berbeda saat anda menggunakan angin oksigen yang bisa menyebabkan karet ban menjadi cepat habis serta keras karena proses oskidasi yang terjadi didalamnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY