Home Mobil Suzuki Ertiga Indonesia Siap Mengaspal Di Malaysia Oktober 2016

Suzuki Ertiga Indonesia Siap Mengaspal Di Malaysia Oktober 2016

487
0

OTONITY.com – Mobil Suzuki Ertiga 2016 Indonesia Diekpor Ke Malaysia, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang bertumpu pada mobil keluarga Suzuki Ertiga ternyata tidak hanya untuk memenuhi pasar domestik saja namun juga di ekspor ke beberapa negara. Salah satu negara yang akan merasakan mobil MPV tersebut yaitu Malaysia, hal tersebut disampaikan oleh CEO Proton yaitu Datuk Ahmad Fuad yang mengatakan bahwa mobil Ertiga hasil kerjasama Proton-Suzuki sudah siap diluncurkan pada Oktober 2016 mendatang.

Datuk Ahmad menambahkan mobil MPV yang memakai basis Suzuki Ertiga tersebut akan dijual di Malaysia dengan nama berbeda, namun belum diketahui nama apa yang akan digunakan untuk negeri Jiran tersebut. Sementara itu menurut laman Paultan.org Suzuki Ertiga Indonesia versi merek Proton sudah beberapa kali tertangkap kamera sedang diuji coba di jalanan umum.

Perlu diketahui Suzuki Indonesia akan mengekspor pesaing Honda Mobilio tersebut ke Malaysia dalam bentuk CKD (completely knocked down) pada kuartal kedua 2016 dengan total sebanyak 1.500 unit per bulan sedangkan dalam setahun nantinya bakal digenapkan menjadi 18.000 unit. Produk CKD tersebut diproduksi di pabrik Suzuki yang ada di kawasan Cikarang, Jawa Barat.

Suzuki Ertiga 2016 ABS

Sebenarnya bukan hanya Malaysia saja yang mendapat jatah ekspor dari Suzuki Indonesia namun ada beberapa negara tetangga lain seperti Thailand, Vietnam, Filipina dan Brunei Darussalam dalam wujud CBU atau utuh. Rata-rata jumlah ekspor ke empat negara tersebut mencapai 400 unit per bulan. Sementara itu kolaborasi antara Proton dan Suzuki tidak hanya meliputi model mobilnya saja namun juga beberapa hal lain seperti tambahan diler, tenaga kerja ahli, teknologi hingga vendor.

Bentuk CKD dari pabrik Suzuki di Bekasi nantinya akan di ekspor ke Malaysia dan dirakit sendiri di pabrik Proton yang ada di Shah Alam, Selangor. Di negeri Jiran produk Suzuki tersebut akan memakai logo Proton namun secara tampilan desain sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Suzuki Ertiga di Indonesia. Selain tampilan disektor dapur pacunya pun diklaim juga tidak mengalami perbedaan yaitu tetap mengusung mesin K14B berkapasitas 1.4 liter VVT yang sanggup menghasilkan tenaga mencapai 92 Ps dan torsi puncak 130 Nm.

Di pasar tanah air Suzuki Ertiga menjadi salah satu mobil MPV paling favorit meskipun secara penjualan masih kalah dibandingkan dengan Toyota Avanza ataupun Honda Mobilio. Kendati demikian Suzuki Ertiga menjadi pilihan tepat bagi konsumen yang ingin membeli mobil baru dengan harga murah namun memiliki kualitas serta desain istimewa. Mobil tujuh penumpang ini baru mendapat penyegaran pada tahun lalu atau tepatnya dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 lalu namun ada pengurangan fitur termasuk sistem pengereman ABS.

Baru pada awal tahun 2016 ini hadir Suzuki Ertiga dengan tambahan ABS yang terdapat di varian Suzuki Ertiga Dreza. Sebagai tipe tertinggi Dreza tidak hanya memiliki fitur yang lebih lengkap saja namun secara tampilan juga lebih mewah berkat perubahan pada sektor depan serta interiornya. Kini Suzuki Ertiga buatan Indonesia sudah siap menyasar negara Asia Tenggara lainnya dan khusus bagi Malaysia pemasaran dari mobil keluarga ini akan dilakukan oleh pihak Proton.

Jika dilihat dari spy shot yang beredar di dunia Maya antara versi Suzuki dengan Proton hampir tidak ada perbedaan sama sekali mulai dari bumper, velg 15 inci dan lain sebagainya. Sedangkan secara dimensi mobil ini memiliki wheelbase sekitar 2.740 mm, selain sama dengan Proton sebenarnya Suzuki Ertiga jug memiliki kembaran yaitu Mazda XV-1 yang beberapa waktu lalu turut mengalami perubahan cukup signifikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here