Home Jenis Mobil City Car Deretan Mobil LCGC Terlaris Di Indonesia Bulan Mei 2016

Deretan Mobil LCGC Terlaris Di Indonesia Bulan Mei 2016

1022
0

OTONITY.com – Daftar Mobil Murah Paling Laris Bulan Mei 2016 Di Indonesia, Dibandingkan bulan sebelumnya penjualan mobil secara wholesales atau dari pabrik ke diler mengalami peningkatan sekitar 4,6 persen pada bulan Mei 2016 ini tidak terkecuali pada produk-produk kendaraan roda empat berjenis LCGC atau mobil murah ramah lingkungan. Seperti data yang dirilis oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) selama bulan Mei 2016 total penjualan mobil mencapai 88.520 unit dan untuk segmen LCGC menyumbang penjualan sekitar 15.152 unit. Angka tersebut sedikit mengalami peningkatan dibandingkan bulan sebelumnya hanya laku terjual sebanyak 13.959 unit.

Salah satu faktor penyebab peningkatan penjualan mobil LCGC pada bulan kelima tersebut dikarenakan distribusi mobil Honda Brio Satya dari pabrik ke diler mulai dilakukan serta permintaan konsumen yang mengalami peningkatan sejak mobil hatchback murah dari PT Honda Prospect Motor (HPM) tersebut diperkenalkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 bulan April lalu.

Perlu diketahui PT HPM pada bulan April lalu memilih tidak melakukan pengiriman sama sekali ke diler karena menanti kehadiran versi terbaru. Meskipun demikian penjualan tertinggi pada segmen mobil LCGC pada bulan Mei 2016 kemarin diperoleh Toyota Agya yang menyumbang penjualan mencapai 5.017 unit. Sedangkan secara total mobil hatchback andalan PT Toyota Astra Motor (TAM) ini sudah terjual hingga 23.212 unit terhitung sejak Januari-Mei 2016.

Sementara itu di urutan kedua ada Daihatsu Ayla yang pada bulan Mei 2016 menyumbang penjualan sekitar 4.936 unit sedangkan untuk total penjualan selama tahun 2016 ini sudah mencapai 20.950 unit. Mobil murah lainnya yaitu Datsun GO+ Panca mencatat penjualan yang terbilang cukup memuaskan pada Mei kemarin dengan memperoleh angka 1.984 unit. Honda Brio Satya yang baru mendapat penyegaran menempati peringkat empat dengan penjualan mencapai 1.236 unit dan untuk total penjualan meraih 6.154 unit.

Datsun GO Hatchback ada di urutan berikutnya dengan meraih penjualan 1.201 unit dan terus menempel ketat Honda Brio Satya. Yang terakhir ada Suzuki Karimun Wagon R yang pada bulan Mei 2016 meraih penjualan 751 unit saja.

Berikut daftar mobil LCGC terlaris bulan Mei 2016 :

  1. Toyota Agya : 5.017 unit
  2. Daihatsu Ayla : 4.936 unit
  3. Datsun GO+ Panca : 1.984 unit
  4. Honda Brio Satya : 1.236 unit
  5. Datsun GO Hatchback : 1.201 unit
  6. Suzuki Karimun Wagon R : 751 unit

Sebagai mobil yang tengah naik daun model LCGC memang menjadi pilihan tepat bagi masyarakat dengan tingkat ekonomi menengah, pasalnya tidak ada lagi kendaraan murah dengan harga dibawah Rp 100 kecuali di segmen LCGC tersebut misalnya saja Datsun GO, GO+ Panca atau Suzuki Karimun Wagon R. Memang secara penampilan mobil LCGC tidak terlalu istimewa namun dalam dua tahun terakhir semua produk mobil murah ramah lingkungan mengalami banyak perubahan terutama dari segi keamana dengan hadirnya airbag baik pada pengemudi maupun penumpang.

Diprediksi dalam satu tahun kedepan persaingan pasar LCGC akan semakin memanas setelah ada kabar kalau PT Toyota Astra Motor (TAM) dan juga PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akan meluncurkan mobil LCGC tersebut di segmen MPV yaitu Toyota Calya dan Sigra, meskipun dua pabrikan tersebut masih bungkam namun menurut bocoran produk kembar tersebut akan memulai debutnya pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 yang berlangsung bulan Agustus mendatang.

Tidak hanya Daihatsu Sigra dan Toyota Calya saja namun Datsun yang dianggap sebagai pendatang baru diklaim juga bakal menghadirkan produk anyar dari segmen crossover, sayangnya belum ada info mengenai kapan mobil baru milik Datsun tersebut siap diluncurkan di Indonesia. Sementara itu Suzuki juga dikabarkan ikut menambah model terbaru di kelas LCGC tersebut dengan membuat versi MPV dari Suzuki Karimun Wagon R. Saat ini model anyar dari pabrikan Jepang tersebut sudah siap diluncurkan di India dan tidak menutup kemungkinan bakal dijual di Indonesia mengingat PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) banyak mengimpor mobil baru dari negeri hindustan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here