Home Mobil Cara Mudah Membuat SIM Baru Resmi Tanpa Calo

Cara Mudah Membuat SIM Baru Resmi Tanpa Calo

663
0

OTONITY.com – Cara Membuat SIM Baru Di Samsat, Surat Izin Mengemudi merupakan salah satu persyaratan wajib yang harus dimiliki oleh semua pengendara baik sepeda motor maupun mobil. Ada beberapa peraturan yang harus dipenuhi oleh pengendara untuk bisa mendapatkan SIM tersebut mulai dari usia minimal 17 tahun, melakukan serangkaian tes berkendara hingga tes kesehatan. Namun sayangnya banyak masyarakat yang lebih memilih untuk membuat SIM dengan cara pintas yaitu melalui calo.

Padahal sebenarnya cara pembuatan SIM yang dilakukan di Samsat kepolisian tergolong cukup mudah, simpel dan tentu saja lebih murah dibandingkan harus membuat SIM melalui jasa calo. Perlu diketahui Untuk pembuatan SIM resmi Biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak hanya Rp 120 ribu saja untuk SIM A dan B sedangkan pembuatan SIM C cuma Rp 100 ribu, sementara itu jika anda membuat SIM melalui Calo rata-rata akan dikenai biaya mulai Rp 350 ribu sampai Rp 600 ribu.

Sebenarnya pihak kepolisian sudah cukup sering melakukan razia dan juga tata cara pembuatan SIM agar tidak ada lagi calo yang bisa melakukan aksinya, sayangnya kehadiran calo justru dibutuhkan oleh masyarakat yang ingin cara lebih cepat dan tidak ribet. Nah buat anda yang sedang atau ingin membuat SIM baru berikut prosedurnya :

Tes Buat SIM C

Yang pertama sebelum berangkat persiapkan berbagai keperluan seperti foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP). Kemudian jika sudah sampai di Samsat anda diharuskan melakukan uji kesehatan dan apabila dinyatakan lulus anda harus membayar PNBP sesuai dengan SIM yang anda inginkan.

Berikutnya anda akan diberikan formulir untuk di isi data diri lengkap, jika sudah kembalikan formulir tersebut ke loket dan anda akan mendapatkan giliran untuk melakukan tes teori serta tes praktik. Nama anda akan dipanggil oleh petugas untuk melakukan tes teori terlebih dulu dan diharuskan menjawab berbagai soal yang sudah disediakan. Biasanya soal tersebut masih berhubungan dengan rambu lalu lintas yang setiap hari terjadi pada masyarakat.

Baca juga: Keuntungan Membuat SIM Online

Jika anda tidak lulus di tes teori tersebut maka harus mengulang kembali dua minggu lagi, namun jika lulus maka anda akan mengikuti tes praktik untuk dilihat kemampuan anda dalam mengendarai kendaraan. Pada tes kali ini anda sudah disediakan kendaraan oleh petugas kepolisian untuk melewati rintangan-rintangan.

Dan jika anda lulus tahap selanjutnya yaitu sesi foto dan juga tanda tangan pada SIM tersebut. Prosesnya memang tergolong cukup lama karena harus menunggu giliran dengan para pencari SIM lain, sebenarnya pihak Kepolisian sudah membuka pembuatan SIMĀ  online hanya saja masih belum berhak di seluruh Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here