Home Motor Motor Matik Tips Mudik Memakai Motor Matik Yang Aman

Tips Mudik Memakai Motor Matik Yang Aman

454
0
SHARE

OTONITY.com – Tips Mudik Dengan Motor Matik, Hari raya lebaran tinggal menghitung hari lagi dan seperti biasa tradisi pulang kampung atau mudik menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh masyarakat tanah air khususnya yang merantau di kota besar untuk menuju daerahnya masing-masing. Banyak alternatif mudik yang dilakukan oleh masyarakat mulai dari menggunakan kendaraan umum dan tidak sedikit pula yang memaksa memakai kendaraan pribadi meskipun penuh resiko.

Bagi yang berminat pulang kampung memakai motor khususnya berjenis skuter ada beberapa hal yang patut diperhatikan, mulai dari jumlah barang bawaan hingga kondisi kendaraan itu sendiri. Motor matik memang lebih nyaman digunakan untuk perjalanan jauh karena tidak membuat cepat lelah, meskipun demikian motor matik juga memiliki ketahanan yang terbatas sehingga harus dipersiapkan dengan matang sebelum digunakan untuk mudik.

Sebelum mudik periksa terlebih dulu motor matik anda apakah dalam keadaan prima atau ada kerusakan, jika terdapat permasalahan sebaiknya bawa ke bengkel terlebih dulu untuk dilakukan pemeriksaan atau pergantian part jika memang diperlukan. Beberapa komponen motor yang wajib mendapat perhatian khusus yaitu sistem pengereman, ban dan kelistrikan.

Periksa Busi Motor Sebelum Mudik

Misalnya saja pada sistem kelistrikan yang sudah tidak normal sebaiknya periksa bagian aki apakah memang perlu diganti, selain itu cek pula bagian busi mengingat komponen ini juga sangat berpengaruh sekali terhadap suplai listrik kendaraan. Selain itu sebelum berangkat mudik lebih baik ganti oli motor anda dengan yang baru supaya tarikan tetap ringan dan mesin tidak cepat panas saat perjalanan jauh. Beberapa part lain yang harus diperhatikan yaitu sektor filter udara, garden, air radiator dan V-belt.

Jangan lupa periksa bagian lampu baik bagian depan, rem, ataupun sein, biasanya pemudik lebih memilih melakukan perjalanan pada malam hari yang bertujuan untuk menghindari panas saat siang hari, untuk itulah periksa semua lampu motor matik anda dan jika perlu ganti dengan yang baru.

Selain itu periksa pula bagian ban skuter anda apakah masih layak digunakan atau harus diganti dengan yang baru, jika kembangan atau garis-garis pada ban sudah mulai aus lebih baik ganti saja dengan yang baru karena jika dipaksa bisa sangat berbahaya. Tidak hanya itu saja cek juga tekanan angin pada ban tersebut dan dianjurkan tidak kurang dari 29 psi untuk depan dan 30 psi pada bagian belakang. Disarankan mengisi angin ban memakai nitrogen karena memiliki banyak sekali manfaat dibandingkan dengan angin kompresor.

Berikutnya periksa sektor pengereman dan supaya kinerjanya optimal tambahkan minyak rem jika diperlukan, apabila kampas rem sudah tidak pakem atau saat digunakan selalu berbunyi lebih baik ganti dengan yang baru. Selain rem dan ban bagian lain yang patut mendapat perhatian yaitu suspensi karena biasanya saat mudik pengendara membawa barang bawaan dengan jumlah cukup banyak sedangkan motor matik sendiri memiliki batas kemampuan dalam mengangkut barang.

Yang terakhir yaitu bagian mesin motor matik itu sendiri, jika tarikan terasa berat dan timbul suara yang mencurigakan lebih baik bawa ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan, biasanya kerusakan motor matik terjadi pada V-Belt yang memang sudah aus dan harus diganti dengan yang baru lagi.

Itulah beberapa tips singkat mengenai mudik menggunakan motor matik, sebenarnya untuk mengurangi resiko kecelakaan saat mudik memakai kendaraan pribadi ada cara mudah yaitu kurangi barang bawaan anda. Atau jika memang terpaksa lebih baik barang anda dikirim ke kampung halaman melalui jasa paket sehingga lebih praktis dan aman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here