Home Honda Honda Belum Berniat Luncurkan MPV LCGC Tahun Ini

Honda Belum Berniat Luncurkan MPV LCGC Tahun Ini

450
0

OTONITY.com – Mobil MPV LCGC Honda Indonesia Terbaru, Pasar mobil murah ramah lingkungan atau biasa disebut dengan mobil LCGC semakin ramai setelah tahun ini akan ada dua mobil baru yaitu Daihatsu Sigra dan Toyota Calya, dua mobil kembar tersebut akan menjadi pesaing Datsun GO+ Panca yang sudah lebih dulu mengaspal di segmen MPV murah. Kendati semakin ramai dan cukup menggiurkan namun PT Honda Prospect Motor (HPM) memastikan tidak akan mengikuti membuat mobil MPV murah 7 penumpang pada tahun ini.

Seperti yang diungkapkan langsung oleh Jonfis Fandy selaku Direktur Marketing dan Aftersales Service PT HPM bahwa tahun ini mobil MPV murah memang sedang berkembang namun belum tumbuh besar, alasan itulah yang membuat pabrikan asal Jepang ini belum berniat membuat MPV LCGC pada tahun ini, apalagi segmen tujuh penumpang milik Honda Indonesia sudah cukup banyak mulai dari Mobilio, Freed hingga Honda BR-V.

Pihak HPM mengungkapkan butuh waktu yang tidak sebentar untuk menghadirkan satu produk baru karena selain masalah biaya pembuatan juga harus mempelajari selera dan kebutuhan konsumen terlebih dulu sebelum nantinya dijual kepasaran. Honda Indonesia sendiri mengaku tidak pernah mau mengikuti tren yang dibuat competitor, “Kita selalu tidak sama. Kita bikin mobil dari apa yang konsumen mau, bukan dari apa yang kita punya. Jadi perlu dipelajari agar nantinya kita punya keunggulan, baik desain maupun teknologi,” ungkap Jonfis.

Honda Mobilio 2016

Untuk itulah menurut Jonfis pihak HPM lebih memilih untuk tidak terburu-buru dan akan mengusung strategi yang lebih matang. Di segmen LCGC Honda hanya memiliki satu model saja yaitu Honda Brio Satya yang secara penjualan sebenarnya sudah cukup memuaskan. Mobil kota tersebut juga baru saja mendapat penyegaran baik secara desain maupun tambahan varian dengan memakai transmisi CVT.

Kini para pabrikan yang bermain di segmen LCGC berupaya untuk menghadirkan model terbaru dengan memproduksi mobil MPV murah, setelah Datsun GO+ Panca kini ada pula Toyota Calya serta Daihatsu Sigra, selain itu PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga tengah mempersiapkan Suzuki Karimun Wagon R 7 seater yang pernah diperkenalkan di sebuah pameran beberapa tahun lalu. Sayangnya sampai saat ini MPV murah dari SIS tersebut belum kunjung diluncurkan.

Memang sampai sekarang belum ada informasi resmi dari HPM mengenai mobil MPV murah yang akan ikut meramaikan pasar LCGC, apalagi sampai sekarang belum ada kabar tentang Honda Brio Satya versi 7 penumpang seperti yang dilakukan oleh pabrikan lain dengan membuat varian MPV dari mobil LCGC mereka yang sudah ada. Sebenarnya tahun ini segmen LCGC dan MPV masih menjadi pilihan utama bagi konsumen tanah air, namun pasar SUV juga terus mengalami pertumbuhan dimana para agen pemegang merek mulai menghadirkan produk terbarunya. Bahkan SUV juga sudah mulai merambah kelas LCGC setelah beredar kabar kalau Datsun akan mendatangkan GO-Cross ke pasar tanah air.

Kita tunggu saja informasi selanjutnya dari pihak Honda Indonesia mengenai mobil MPV LCGC terbarunya tersebut apakah memang benar akan diluncurkan atau hanya sebatas wacana saja, jika nantinya benar diluncurkan maka akan menambah banyak pilihan mobilt tujuh penumpang dari HPM mulai dari Honda Mobilio, Honda BR-V, HR-V dan Honda Freed. Bahkan kabar terbaru mengungkapkan bahwa Honda tengah mengembangkan CR-V dengan kursi tujuh penumpang, namun mobil terbaru tersebut masih dalam pengembangan dan belum ada rencana masuk Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here