Home Motor Klasemen Sementara MotoGP 2016 Usai Seri Belanda

Klasemen Sementara MotoGP 2016 Usai Seri Belanda

474
0

OTONITY.com – Balap MotoGP Assen 2016 Klasemen Sementara, Balap MotoGP seri Belanda yang berlangsung di sirkuit international TT assen menghadirkan banyak kejutan dan drama. Balapan yang digelar untuk pertama kalinya pada hari Minggu di Assen ini justru memberikan mimpi buruk bagi nama-nama besar seperti Rossi, Pedrossa, Dovizioso dan Lorenzo. Jalannya balapan pada start pertama terlihat cukup baik dengan kondisi trek yang sudah mengering dan menyuguhkan beberapa aksi menawan. Lima lap berlangsung lintasan mulai diguyur hujan kembali dan para pebalap pun sedikit mengurangi kecepatan.

Andrea Dovizoso langsung tersungkur karena mengalami selip saat kondisi trek basah, bahkan lintasan semakin memburuk saat balapan menyisakan 15 lap lagi dan pihak Race Direction memutuskan untuk mengibarkan bendera merah karena tidak ingin membahayakan keselamatan para pebalap. Race pun harus ditunda sekitar 20 menit dan dimulai kembali dengan sisa 12 lap.

Saat start kembali dimulai drama pun langsung tersaji dengan menempatkan Rossi di posisi terdepan dan langsung meninggalkan para lawannya, bahkan pebalap andalan Movistar Yamaha ini akan meraih kemenangan yang mudah. Dani Pedrossa menjadi korban keganasan sirkuit Assen dengan langsung tersungkur di 10 lap tersisa dan di susul Andrea Doviozo dari Ducati yang jatuh untuk kedua kalinya di seri Belanda ini.

Tidak berselang lama Valentino Rossi juga ikut terjatuh dan meskipun mencoba untuk kembali bangkit namun sayangnya mesin motor Yamaha M1 miliknya sulit untuk dihidupkan. Persaingan untuk merebut posisi terdepan menyajikan aksi menarik antara Marc Marquez dari tim Repsol Honda melawan Jack Miller dari tim Estrella Galicia 0.0 Marc VDS Honda.

MotoGP 2016 Assen Jack Miller

Menyisakan 6 lap terakhir Miller berhasil menyudahi perlawanan Marc Marquez dan langsung melesat jauh meninggalkan pebalap asal Spanyol tersebut. Sementara itu Marquez sendiri memilih untuk tidak terlalu berambisi untuk mengejar Miller dan mencoba untuk bertahan di posisi kedua mengingat dengan tambahan 20 poin sudah cukup membuat dirinya menjauh dari Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi di klasemen sementara.

Sementara itu nasib kurang baik juga diterima oleh Jorge Lorenzo yang meskipun tidak terjauh namun dirinya tidak mampu beradaptasi dengan lintasan basah dan membuatnya harus tercecer sampai posisi 10. Ini merupakan kemenangan perdana bagi Jack Miller setelah musim lalu pindah dari Moto3 langsung meloncat ke kelas tertinggi balap motor MotoGP. Ini juga menjadi jawaban dari keraguan banyak pihak yang menganggap Miller belum layak langsung melompat ke MotoGP.

Jack Miller berhasil naik podium pertama dengan catatan waktu 22 menit 17 detik lalu disusul Marc Marquez diurutan kedua dengan selisih 2 detik, sementara itu diperingkat ketiga ada Scott Redding dari tim Octo Pramac Ducati dan di posisi empat ada Pol Espargaro dari Monster Yamaha Tech 3 serta Andrea Iannone dari Ducati Team finish di urutan lima.

Walaupun hanya mendapat tambahan 20 poin saja sudah cukup bagi Marc Marquez untuk mengamankan posisinya sebagai pemuncak klasemen dengan koleksi 145 poin, Jorge Lorenzo masih berada diurutan kedua dengan 121 poin dan Valentino Rossi dengan 103 poin. Sementara itu Jack Miller naik ke peringkat 13 dengan perolehan 33 poin.

Berikut klasemen sementara MotoGP 2016 usai seri Belanda :

  1. Marc Marquez – Repsol Honda – 145 poin
  2. Jorge Lorenzo – Movistar Yamaha – 121 poin
  3. Valentino Rossi – Movistar Yamaha – 103 poin
  4. Dani Pedrosa – Repsol Honda – 86 poin
  5. Maverick Vinales – Suzuki Ecstar – 79 poin
  6. Aleix Espargaro – Suzuki Ecstar – 72 poin
  7. Hector Barera – Avintia – 58 poin
  8. Andrea Iannone – Ducati – 52 poin
  9. Pol Espargaro – Monster Yamaha Tech 3 – 49 poin
  10. Eugene Laverty – Aspar – 48 poin
  11. Andrea Dovizioso – Ducati – 43 poin
  12. Stefan Bradl – Aprilia Racing Team – 37 poin
  13. Jack Miller – Marc VDS – 33 poin
  14. Bradley Smith – Monster Yamaha Tech 3 – 32 poin
  15. Scott Redding – OCTO Pramac Yaknich – 32 poin
  16. Michele Pirro – Ducati – 18 poin
  17. Alvaro Bautista – Aprilia Racing Team – 14 poin
  18. Tito Rabat – Marc VDS – 11 poin
  19. Cal Crutclow – LCR Honda – 10 poin
  20. Danilo Petrucci – OCTO Pramac Yaknich – 8 poin
  21. Loris Baz – Avintia – 4 poin
  22. Yonny Hernandez – Aspar – 3 poin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here