Home KIA Kia Carens dan Morning Resmi Berhenti Dijual Di Indonesia

Kia Carens dan Morning Resmi Berhenti Dijual Di Indonesia

650
0

OTONITY.com – Mobil Kia Carens dan Kia Morning Sudah Tidak Dijual Di Indonesia, PT Kia Mobil Indonesia (KMI) memang tidak bermain di segmen LCGC atau mobil murah ramah lingkungan, saat para agen pemegang merek lain lebih gencar menghadirkan mobil LCGC PT KMI justru memilih menghadirkan city car harga murah yaitu Kia Morning. Saat diluncurkan pada tahun 2014 silam mobil mungil tersebut dibanderol sekitar Rp 128 juta atau bisa dikatakan hampir sama dengan harga mobil murah yang saat itu berada dikisaran Rp 100 jutaan.

Namun sayangnya Kia Morning saat ini sudah tidak lagi diproduksi dan dijual di Indonesia, menurut Hartanto Sukmono selaku Direktur Marketing PT KMI bahwa Kia Morning di Indonesia hanya dibuat pada tahun 2014 saja dan tidak ada kelanjutan. Itu berarti umur dari adik Kia Picanto ini hanya satu tahun saja. Hanya saja sampai sekarang tidak dijelaskan secara pasti mengapa penjualan Kia Morning dihentikan, namun Hartanto menjelaskan saat ini pihaknya tengah menata ulang produk-produk yang akan dipasarkan.

Perlu diketahui saat diluncurkan di Indonesia dua tahun lalu Kia Monring mengusung mesin berkapasitas 1.0 liter DOHC dual VVT yang sanggup menghasilkan tenaga mencapai 69 Ps pada putaran 6.200 rpm dan torsi puncak 9,6 kgm pada 3.500 rpm. Mesin tersebut tentunya lebih rendah dibandingkan dengan Kia Picanto yang dibekali dapur pacu berkapasitas 1.2 liter dan sampai sekarang masih tetap dijual di Indonesia.

Kia Morning Indonesia 2016

Kia Morning sendiri hanya memiliki beberapa varian dengan pilihan transmisi manual lima percepatan saja, meskipun demikian mobil kota tersebut memiliki Sembilan pilihan warna mulai dari signal red, galaxy black, lemon grass, cherry pink, alice blue, titanium silver, honey bee, clear white dan bright silver.

Sebenarnya tidak hanya Kia Morning saja yang sudah tidak dijual di Indonesia namun mobil MPV bongsor Kia Carens juga dihentikan penjualannya karena alasan harga dan kalah bersaing. Pesaing Honda Freed ini pertama kali diluncurkan di Indonesia pada bulan Mei 2013 silam namun kini dipastikan sudah tidak dipasarkan lagi. Seperti yang diungkapkan oleh Hartanto bahwa penjualan Kia Carens dihentikan karena adanya masalah kompetitif.

Menurutnya harga Kia Carens tergolong cukup mahal sehingga kurang bersaing dengan produk lain, apalagi saat ini mobil MPV segmen C kalah jauh dibandingkan dengan kelas B. Soal Kia Carens sendiri masih didatangkan secara impor CBU dari Korea Selatan dengan banderol tembus Rp 266 juta sampai Rp 288 jutaan. Itulah sebabnya kini PT Kia Mobil Indonesia lebih memilih fokus pada penjualan mobil SUV dan salah satunya yang baru akan diluncurkan pada Agustus mendatang yaitu Kia Sportage, sedangkan untuk yang versi murah KMI memiliki Kia Picanto dengan harga cukup bersahabat bagi kaum muda dan diharapkan bisa bersaing melawan New Honda Brio.

Target Kia Indonesia tahun ini sama seperti tahun lalu yaitu bisa menjual sebanyak 3 ribu unit. Hal itu dikarenakan pihak Gaikindo memprediksi bahwa penjualan mobil pada tahun ini tidak terlalu naik signifikan dibandingkan 2015 lalu. Meskipun demikian PT KMI berusaha untuk mendatangkan produk-produk baru yang lebih berkualitas untuk bisa melebihi target yang ditetapkan. Terhitung sejak bulan Januari-Mei 2016 penjualan mobil Kia baru mencapai 602 unit saja dan itu berarti belum sampai separuh dari target.

Demi mencapai target tersebut KMI telah menyiapkan berbagai cara dan salah satunya yaitu meluncurkan produk terbaru. Selain Kia Sportage kabarnya masih ada satu produk baru lagi yang akan diluncurkan di GIIAS 2016 namun statusnya masih dirahasiakan oleh Kia Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here