Penyebab Ban Cepat Rusak Dan Cara Mengatasinya

0

OTONITY.com – Mengatasi Ban Agar Tidak Cepat Rusak, Ban menjadi salah satu komponen yang paling penting bagi kendaraan dan bisa jadi merupakan komponen paling vital fungsinya setelah mesin. Banyak macam ban yang dijual di Indonesia dan biasanya disesuaikan pula oleh kondisi lintasan. Di Indonesia sendiri hanya ada tiga jenis ban yang paling banyak dipasarkan yaitu ban hujan, kering dan ban perpaduan kering hujan dengan harga berbeda-beda.

Sayangnya banyak yang tidak mengetahui mengenai cara merawat ban dan masyarakat awam biasanya hanya melakukan pengisian angin saja sudah dianggap cukup, padahal banyak faktor yang menyebabkan kerusakan ban tersebut dan tidak hanya disebabkan oleh kekurangan angin saja.

Menurut Achmad Nuril selaku OEM Technical Service Bridgestone bahwa hampir 99 persen kerusakan pada ban disebabkan oleh kurangnya perawatan atau bahkan tanpa dilakukan perawatan sama seklai sehingga ban menjadi cepat aus atau terdapat benjolan di beberapa bagian yang tentunya sangat membahayakan sekali bagi pengguna itu sendiri.

Salah satu penyebab utama kerusakan ban disebabkan oleh tekanan angin yang tidak ideal, Achmad menambahkan tekanan ban harus sesuai dengan rekomendasi pabrikan sehingga bisa memperpanjang usia dari ban itu sendiri. Jika tekanan angin yang tidak stabil maka ban bisa habis bagian tengahnya saja dan menimbulkan benjolan di beberapa bagian.

Untuk mengatasi hal tersebut diharapkan memiliki kendaraan terutama yang sering menggunakannya sehari-hari bisa mengecek secara rutin, selain itu penggunaan jenis angin juga menjadi penentu dalam menjaga kondisi ban tersebut. Direkomendasikan untuk menggunakan angin nitrogen karena molekul yang dihasilkan lebih stabil dibandingkan dengan angin radiator biasa.

Untuk mendapatkan angin nitrogen kini sudah banyak dijumpai di SPBU, selain karena tekanan angin faktor berkendara juga menjadi penyebab lain ban menjadi cepat rusak. Bagi yang suka bepergian jarak jauh atau seperti mudik lebaran mobil atau motor sebaiknya istirahat dalam beberapa jam agar kondisi ban tidak cepat panas, jika terus dipaksa untuk perjalanan tanpa berhenti dikhawatirkan bisa cepat aus.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY