Home Mobil Toyota Sienta Hybrid Juga Bakal Diproduksi Di Indonesia?

Toyota Sienta Hybrid Juga Bakal Diproduksi Di Indonesia?

454
0

OTONITY.com – Mobil Toyota Sienta 2016 Terbaru Mesin Hybrid Di Indonesia, PT Toyota Motor Manufacturing Indonsia (TMMIN) selaku produsen dari mobil-mobil Toyota yang ada di Indonesia beberapa waktu lalu sudah menghadirkan mobil MPV terbaru yaitu Toyota Sienta yang tidak hanya dipasarkan di dalam negeri saja namun juga di ekspor ke beberapa negara tetangga, secara tampilan Toyota Sienta untuk pasar tanah air sebenarnya sama dengan yang ada di negara kelahirannya yaitu Jepang, hanya saja ada beberapa penyesuaian agar mobil keluarga tujuh penumpang tersebut bisa dipakai di jalanan Indonesia. Namun sebenarnya di Jepang masih ada Toyota Sienta dengan mesin Hybrid yang diklaim jauh lebih ramah lingkungan dan memiliki harga sedikit lebih mahal.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? PT TMMIN ternyata sudah memiliki rencana terkait produksi mobil hibrida di pabrik mereka yang ada di kawasan Karawang, Jawa Barat tersebut dan tidak menutup kemungkinan Toyota Sienta juga bakal hadir dalam varian hybrid di Indonesia. Toyota Sienta diperkenalkan pertama kali ke publik dalam negeri pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 bulan April silam dan langsung mendapat respon sangat baik, namun masih mengusung mesin konvensional sedangkan untuk versi hybrid tidak ikut dipajang.

Menanggap hal tersebut Made Dana Tangkas selaku Direktur Hubungan Eksternal TMMIN mengungkapkan akan sangat merugikan bagi Indonesia apabila tidak ikut memproduksi mobil hybrid, pasalnya negeri tetangga yaitu Thailand dan Malaysia justru sudah lebih dulu menggunakan apilikasi tersebut, sayangnya masih banyak kendala untuk diterapkan di Indonesia sehingga para pabrikan lebih memilih memproduksi mobil mesin konvensional dibandingkan hybrid.

Toyota Sienta 2016 Hybrid Indonesia

Made juga tidak menampik kalau untuk kedepannya PT TMMIN akan memproduksi Toyota Sienta versi hibrida dan saat ini masih dalam tahap studi. Kabar baiknya pemerintah Indonesia juga mulai mendukung akan hadirnya teknologi hybrid setelah beberapa waktu lalu meluncurkan proyek bernama Low Carbon Emmision Program (LCEP) yang mengatus terkati produksi mobil-mobil berteknologi ramah lingkungan di tanah air mulai dari mesin listrik, hibrida sampai mobil dengan teknologi turbo. Menurut informasi bulan Oktober mendatang akan ada pembahasan lebih lanjut mengenai program LCEP tersebut dan setelah semuanya siap para pabrikan akan dilibatkan dalam pembuatan teknologi tersebut mulai dari regulasi, waktu bergulir sampai kapan bisa diluncurkan.

Seperti diketahui Toyota Sienta ada diantara Toyota Avanza dan Kijang Innova yang  hadir dalam dua varian transmisi yaitu manual enam percepatan dan otomatis CVT. keduanya diproduksi sendiri oleh Toyota Indonesia sehingga harga yang ditawarkan juga lebih murah. Sementara itu Warih Andang Tjahjono selaku Wakil Presiden Direktur PT Tyotoa Astra Motor (TAM) mengatakan bahwa Toyota Sienta Hybrid bisa saja diproduksi secara lokal namun harus dilihat terlebih dulu kebutuhan konsumen dan market yang ada.

Selain itu mempersiapkan mesin dengan teknologi hybrid juga tidak mudah dan membutuhkan persiapan yang cukup matang komponen lokalnya. “Bisa saja, Indonesia apa sih yang tidak bisa. Proses perakitan itu sebenarnya sederhana, yang sulit itu bagaimana menyiapkan rantai pasokan. Percuma saja kalau suku cadangnya impor, ya tidak kompetitif. Nanti impornya tinggi, ekspornya rendah, jadinya defisit,” ungkap Warih. Tidak hanya itu saja harga yang ditawarkan juga akan menjadi pertimbangan tersendiri bagi para calon konsumen, jika banderolnya memiliki selisih yang jauh lebih mahal dibandingkan varian biasa sudah pasti calon pembeli lebih memilih yang murah karena secara desain dan juga fungsi hampir tidak ada perbedaan sama sekali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here