Home Mobil Ini Klasemen Sementara F1 2016 Usai Seri Inggris

Ini Klasemen Sementara F1 2016 Usai Seri Inggris

226
0

OTONITY.com – Klasemen Balap Mobil Formula  1 2016 Setelah Seri Inggris, Balap Formula One (F1) yang kembali berlangsung di Seri Inggris tepatnya di sirkuit Silverstone akhirnya dimenangkan oleh Lewis Hamilton dari tim Mercedes yang juga merupakan kandangnya sendiri. Tampil apik dari start dimulai membuat kepercayaan Hamilton untuk bisa meraih kemenangan tidak lepas dari peran tim Mercedes yang bekerja sangat baik dan juga dukungan ribuan pendukung setianya.

Nasib sial justru dialami pebalap kebanggaan Indonesia yakni Rio Haryanto yang harus mengakhiri balapan lebih cepat karena mengalami masalah mesin setelah mobil MRT-15 miliknya tergelincir ke gravel. Pada balapan GP Inggris kali ini Rio hanya mampu bertahan selama 26 lap saja akibat hujan deras yang membuat lintasan menjadi sangat licin. Ini merupakan kegagalan ketiga bagi pria asal Solo tersebut dan meskipun gagal finish Rio mengambil hikmah di seri Eropa kali ini. Menurutnya bukan hanya saat perlombaan saja namun hasil positif juga diraihnya beserta tim saat sesi pemanasan dan juga kualifikasi.

Sementara itu bagi Lewis Hamilton ini merupakan kemenangan keempatnya di musim ini, seperti balapan-balapan sebelumnya di seri Inggris Hamilton juga terlibat pertarungan sengit melawan rekan satu timnya sendiri yaitu Nico Rosberg, beruntung dengan pengalaman yang lebih baik dan juga berjuang di depan pendukungnya sendiri mengantarkan Hamilton naik podium pertama dengan selisih waktu hingga 6 detik lebih. Sedangkan di podium ketiga ada pebalap muda Max Verstappen yang juga tampil cukup mengesankan.

Klasemen F1 2016

Meskipun berhasil meraih kemenangan di seri Inggris namun di klasemen sementara Lewis Hamilton masih belum mampu menggeser posisi Nico Rosberg di puncak klasemen. Rosberg kini telah mengumpulkan 171 poin sedangkan Hamilton yang berada di peringkat kedua memiliki selisih 4 poin saja. Sedangkan di posisi ketiga ada pebalap Ferrari Kimi Raikkonen dengan 106 poin lalu di susul Daniel Ricciardo dari tim Red Bull dengan 100 poin. Dominasi Mercedes sepertinya tetap akan terus berlanjut hingga akhir musim mengingat para pebalap dari tim lain cukup kesulitan untuk mengejar dua pebalap Mercedes.

Sementara itu Rio Haryanto masih belum mampu meraih satu poin pun sampai seri ke 10 ini, pencapaian terbaik Rio di dapat saat seri GP Monaco dengan menempati posisi 15. Sayangnya Rio lebih banyak finish di posisi paling buncit sedangkan rekan satu timnya yakni Pascal Wehrlein masih lebih baik dengan mempersembahkan poin pertama bagi tim Manor Racing pada seri sebelumnya. Namun di seri Inggris kemarin Pascal juga mengalami kecelakaan sehingga tidak mampu memberikan performa terbaiknya. Sebenarnya jika diperhatikan dari awal musim 2016 Rio Haryanto sudah beberapa kali selalu berada di depan Pascal saat sesi kualifikasi, sayangnya hal tersebut masih belum cukup karena secara pengalaman pebalap kelahiran Jerman itu lebih baik dari Rio Haryanto sehingga untuk urusan race selalu lebih baik dibandingkan dengan dirinya.

  1. Nico Rosberg – Mercedes – 171
  2. Lewis Hamilton – Mercedes – 167
  3. Kimi Raikkonen – Ferrari – 106
  4. Daniel Ricciardo – Red Bull – 100
  5. Sebastian Vettel – Ferrari – 98
  6. Max Verstappen – Red Bull – 87
  7. Valtteri Bottas – Williams – 54
  8. Sergio Perez – Force India – 47
  9. Felipe Massa – Williams – 38
  10. Romain Grosjean – Haas – 28

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here