Home Mobil Tips Mudah Saat Mobil Terjebak Kemacetan Di Jalan Tol

Tips Mudah Saat Mobil Terjebak Kemacetan Di Jalan Tol

581
0

OTONITY.com – Tips saat Terjebak Macet Di Jalan Tol, Musim mudik lebaran selalu identik dengan kemacetan terutama saat mendekati pintu tol. Padahal fungsi tol sendiri sebenarnya sebagai pengurai kemacetan dan mempercepat perjalanan bagi para pengemudi mobil. Namun di Indonesia rata-rata lambatnya pelayanan di gerbang tol justru membuat kemacetan panjang dan justru membuang-buang waktu perjalanan. Memang ada banyak hal yang menyebabkan kemacetan mulai dari volume kendaraan yang meningkat drastis hingga sistem transaksi di pintu tol yang masih menggunakan manual.

Jika kemacetan hanya terjadi selama 30 menit saja mungkin masih bisa dimaklumi namun bagaimana jika sampai berjam-jam seperti yang terjadi di beberapa titik ruas tol di pulau Jawa beberapa waktu lalu? Tentu ini menjadi dilematis bagi para pemudik mengingat mereka sebenarnya ingin pulang kampung untuk bertemu dengan sanak keluarga, namun nyatanya waktu berlibur justru terbuang percuma di jalan raya.

Berikut tips saat terjebak di kemacetan :

Jika anda terjebak di kemacetan yang cukup lama sebaiknya matikan mesin mobil untuk menghemat bahan bakar.  Namun jangan lupa untuk mengaktifkan rem tangan agar anda bisa bersantai sejenak sembari menunggu mobil lain bergerak ke depan.

Tips Mudik Saat Macet

Untuk melepas lelah anda bisa keluar dari kendaraan agar bisa menghirup udara segar dan mengurangi stres. Jika perlu anda juga bisa membeli minuman segar dingin yang biasanya di jajakan oleh para penjual.

Namun bila kondisi luar sedang sangat panas lebih baik tetap berada di dalam mobil dengan jendela di tutup lalu nyalakan AC dengan mode sedang. Namun jika udara luar tidak begitu panas lebih baik buka saja jendela kaca mobil anda agar pertukaran udara di dalam mobil menjadi lebih berimbang.

Salah satu cara untuk membantu mengurangi kemacetan yaitu dengan cara menyediakan uang tunai saat melakukan pembayaran, atau kalau perlu anda bisa juga membayar dengan menggunakan sistem kartu sehingga lebih mempercepat proses pembayaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here