Home Mobil Ini Cara Sistem Plat Ganjil Genap Yang Segera Diberlakukan Di Jakarta

Ini Cara Sistem Plat Ganjil Genap Yang Segera Diberlakukan Di Jakarta

1161
0

OTONITY.com – Cara Mengetahui Peraturan Ganjil Genap, Jalanan Ibukota Jakarta selalu identik dengan kemacetan dan kesemrawutan, tingginya jumlah pengguna kendaraan pribadi dan minimnya armada angkutan massal menjadi alasan klasik mengapa kemacetan selalu terjadi setiap hari di kota penyangga Indonesia ini. Banyak upaya yang telah dilakukan oleh Pemprov DKI untuk bisa mengatasi permasalahan tersebut namun hasilnya sampai sekarang masih belum menemui titik terang. Yang terbaru pemerintah DKI Jakarta akan memberlakukan peraturan sistem ganjil genap di sejumlah titik ruas jalanan Ibukota.

Meskipun sosialisasi sudah diberlakukan sejak 28 Juni lalu sampai 26 Juli namun tetap saja menimbulkan pro dan kontra bagi masyarakat Jakarta. Pemprov mengklaim cara ini bisa mengurangi kemacetan dan tentunya mendorong warga untuk beralih menggunakan transportasi umum, namun di sisi lain pengamat mengkhawatirkan cara ini justru meningkatkan jumlah kendaraan pribadi karena masyarakat akan membeli motor atau mobil baru dengan plat yang berbeda.

Lokasi Ganjil Genap Jakarta

Sementara itu Kasubdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto menjelaskan setelah dilakukan sosialisasi rencananya sistem ini bakal mulai diuji coba pada 27 Juli hingga 26 Agustus mendatang, jika cara tersebut dianggap berhasil maka akan diterapkan secara resmi pada 30 Agustus mendatang. Dirinya menambahkan penerapan sistem ganjil genap diberlakukan sesuai dengan tanggal dan plat nomor kendaraan dengan batas waktu pagi hari pukul 07.00-10.00 WIB dan sore hari pukul 15.00-20.00 WIB namun tidak berlaku untuk hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional atau tanggal merah. Lalu bagaimana sistem penerapannya?

Sebagai contoh jika angka plat nomor B 1234 CD maka yang diambil adalah angka terakhirnya yaitu 4, dengan demikian mobil tersebut hanya berlaku di tanggal genap saja yaitu 2, 4, 6, 8 dan seterusnya. (Plat dengan angka belakang 0 juga masuk ke sistem genap). Begitu juga sebaliknya jika plat nomor B 6789 CD maka akan masuk ke sistem tanggal ganjil yaitu 1, 3, 5, 7 dan seterusnya.

Ganjil Genap Jakarta

Setidaknya ada 9 titik jalan yang akan digunakan untuk diberlakukan sistem ganjil genap tersebut, namun yang menjadi pertanyaan bagaimana pihak kepolisian mengawasi semua kendaraan yang melintas mengingat jumlah motor atau mobil yang melintas setiap menit di ruas jalan di Jakarta bisa mencapai ratusan unit. Nantinya pengawasan akan dibantu oleh petugas Dishub dan polisi lalu lintas dengan didukung oleh CCTV yang terpasang di sejumlah titik.

Diharapkan sistem baru ini bisa membantu mengurai kemacetan yang terjadi di Ibukota Indonesia ini sembari menunggu pihak pemerintah menyelesaikan sarana pendukung sistem MRT dan lain sebagainya. Sebagai kota Metropolitan Jakarta memang menjadi tujuan bagi banyak orang untuk mencari peruntungan mengingat hampir semua aktivitas pemerintahan berpusat di Jakarta. Tidak mengherankan setiap lebaran mudik jutaan orang meninggalkan Jakarta untuk menuju ke kampung halaman masing-masing dan itu membuktikan bahwa rata-rata penduduk di DKI adalah pendatang.

Berikut daftar ruas jalan yang diberlakukan sistem ganjil genap :

  1. Bundaran Hotel Indonesia
  2. Bundaran Patung Kuda
  3. Simpang Sarinah
  4. Traffic Light Bank Indonesia
  5. Jl Imam Bonjol
  6. CSW
  7. Bundaran Senayan
  8. Simpang Kuningan (Kaki Mampang)
  9. Simpang Kuningan (Kaki Gatot Subroto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here