Home Motor Tips Mudah Membersihkan Master Rem Cakram Sepeda Motor

Tips Mudah Membersihkan Master Rem Cakram Sepeda Motor

668
0
SHARE

OTONITY.com – Cara Membersihkan Master Rem Cakram, Di era modern seperti saat ini rem pada sepeda motor sudah mulai meninggalkan model tromol dan beralih ke teknologi piringan cakram, selain memiliki tampilan yang lebih menarik rem cakram juga dianggap lebih pakem dibandingkan dengan rem tromol, namun seiring berjalannya waktu cakram juga bisa saja mengalami kerusakan atau macet akibat beberapa hal.

Salah satu penyebab rem cakram pada sepeda motor mengalami macet yaitu karena ada debu atau kotoran dibagian master rem tersebut dan jika tidak segera dibersihkan maka bisa merusak piringan itu sendiri. Untuk itulah pada bagian tersebut harus sering dilakukan perawatan dan dibersihkan secara berkala agar tetap tampil prima dan menjaga keselamatan berkendara.

Jika pada bagian master rem motor jarang dilakukan perawatan akibatnya bisa cepat berkarat dan bahkan kotoran yang terdapat didalamnya menjadi semakin sulit untuk dihilangkan. Sebenarnya cara membersihkan bagian tersebut tidaklah sulit dan anda bahkan bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa perlu membawa ke bengkel cukup dengan peralatan sederhana seperti kunci L, semprotan dan kain bersih saja.

Langkah pertama buka kaliper pada piringan cakram tersebut menggunakan kunci L lalu setelah terlepas semprot antara celah piston kecil dan karet master rem sampai benar-benar bersih. Apabila anda mengalami kesulitan saat membuka karena tidak memiliki kunci L maka bisa juga memanfaatkan obeng min untuk mencongkel bagian karet master rem. Cara tersebut dianggap lebih murah karena anda tidak perlu sampai melepas kaliper.

Baca juga: Cara Mudah Mengatasi Rem Motor Masuk Angin

Jika sudah anda semprot sampai bersih lap menggunakan kain pada bagian cakram untuk menyingkirkan kotoran, lakukan cara tersebut setidaknya setiap satu minggu sekali untuk mendapat hasil yang maksimal. Namun jika macet pada rem cakram bukan disebabkan oleh kotoran akan tetap karena sudah aus maka sebaiknya ganti kampas rem dengan yang baru, biasanya kampas rem yang telah habis akan menimbulkan gesekan dengan cakram sehingga menghasilkan gesekan suara yang cukup mengganggu telinga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here