Nasib Rio Haryanto di F1 Ditentukan Setelah Seri Hungaria

0

OTONITY.com – Rio Haryanto Terancam Berhenti Usai GP Hungaria, Nasib Rio Haryanto di ajang balap F1 terancam berhenti di tengah jalan karena masih terkendala masalah pendanaan. Bisa jadi seri F1 Hungaria 2016 yang akan berlangsung pekan depan adalah balapan terakhirnya di ajang balap mobil jet darat tersebut. Pasalnya sampai sekarang kekurangan dana yang diminta oleh pihak Manor belum juga dilunasi, bahkan pemerintah sendiri memastikan tidak bisa lagi membantu Rio dalam hal pendanaan.

Seperti yang telah disampaikan oleh Imam Nahrawi selaku Menteri Pemuda dan Olahraga bahwa dana sekitar USD 7 juta atau setara Rp 100 juta yang diajukan oleh Kemenpora tidak mendapat persetujuan dari pihak Dewan Perwakilan Daerah (DPR) pusat. Tentu hal ini semakin menyulitkan pihak manajemen Rio mengingat waktu tenggang yang diberikan semakin dekat.

“Mekanisme pengajuan dana tersebut telah kami lakukan namun tidak  disetujui oleh DPR terlebih saat ini Kemenpora juga sedang dalam tahap pengetatan  anggaran, sehingga mohon maaf pemerintah tidak lagi mempersiapkan mekanisme penganggaran tersebut,” jelas Imam.

Rio Haryanto Manor Racing

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya bahwa pihak Manor Racing Team meminta dana sebesar USD 15 juta dolar supaya Rio bisa berlaga selama satu musim penuh di F1 2016. Namun hingga saat in jumlah yang bisa dibayarkan baru mencapai USD 8 juta saja yang berasal dari usaha pihak manajemen Rio sebesar USD 3 juta dan USD 5 juta dari Pertamina selaku sponsor utama.

Pihak Manor sendiri memberikan tenggat waktu hingga 24 Juli 2016 kepada Rio Haryanto untuk bisa melunasi semua kekurangan tersebut agar bisa tampil satu musim penuh, namun jika hal itu tidak terwujud maka Rio harus rela berhenti di tengah jalan dan digantikan oleh pebalap cadangan dari tim Manor. Meskipun demikian pihak Kemenpora dan juga manajemen masih terus berupaya agar pebalap kebanggaan Indonesia tersebut bisa tampil penuh di ajang F1 2016.

Sementara itu Indah Pennywati, ibu Rio Haryanto membenarkan bahwa sampai sekarang belum ada sponsor baik dari dalam maupun luar negeri, dirinya menambahkan nasib Rio akan ditentukan setelah GP Hungaria yang berlangsung pekan depan sesuai kontrak perjanjian dengan pihak Manor Racing.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY