Home Motor Klasemen Sementara MotoGP 2016 Usai Marquez Juara Di Seri Jerman

Klasemen Sementara MotoGP 2016 Usai Marquez Juara Di Seri Jerman

517
0

OTONITY.com – Klasemen MotoGP 2016 Terbaru Setelah Seri Jerman, Marc Marquez meneruskan tradisi juara di sirkuit Sachenring Jerman setelah pada hari Minggu (17/6) kemarin kembali meraih podium pertama. Pebalap andalan tim Repsol Honda ini semakin kokoh di puncak klasemen mengalahkan dua pebalap utama dari Movistar Yamaha yaitu Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Kondisi trek basah dan cuaca yang ekstrem ternyata tidak menyurutkan nyali Marquez meskipun di awal perlombaan sempat nyaris terjatuh setelah motornya tidak dapat dikendalikan dan keluar dari trek.

Sementara itu Valentino Rossi yang tampil cukup baik di awal lap justru melempem ketika balapan menyisakan 7 lap akhir. Pebalap Italia ini bahkan harus rela finish diurutan 8 setelah di tikungan akhir kalah duel dengan Jack Miller. Rekan satu tim Rossi yaitu Jorge Lorenzo bahkan tampil lebih buruk karena hanya mampu finish diurutan 15. Lorenzo tidak mampu tidak pernah tampil baik ketika balapan digelar saat cuaca hujan. Meskipun demikian Lorenzo masih tetap menempati peringkat kedua klasemen sementara.

Kemenangan Marc Marquez tidak terlepas dari strategi yang tepat saat mengganti ban ketika lintasan mulai mengering dengan menggunakan mode slick. Kini pebalap kelahiran Spanyol ini unggul 48 poin dari Jorge Lorenzo. Balapan seri Jerman yang berlangsung di sirkuit Sachenring ini memang terkenal sangat angker. Meskipun menjadi trek yang paling pendek namun Sachenring memiliki 11 tikungan ke kiri dan hanya ada 3 tikungan ke kanan. Itulah sebabnya banyak pebalap yang khawatir dengan kondisi ban tidak seimbang antara sebelah kanan dan kiri. Belum lagi cuaca di Sachenring juga sering berubah-ubah yang membuat balapan menjadi semakin tidak menentu. Usai seri Jerman gelaran balap motor paling bergengsi di dunia ini akan kembali digelar tiga pekan mendatang di seri Austria. Di Jeda musim ini Marquez menjadi pemuncak klasemen dengan raihan 170 poin, kemudian Jorge Lorenzo diurutan kedua dengan 122 poin lalu Valentino Rossi 111 poin.

Marquez MotoGP Jerman 2016

Balapan masih menyisakan 9 seri lagi dan jika tampil tidak konsisten seperti saat ini bisa jadi mimpi Valentino Rossi untuk meraih gelar juara dunia kembali mengalami kesulitan, apalagi Marquez sepertinya sudah menemukan kembali kepercayaan diri yang seperti hilang saat musim lalu.

Tim LCR Honda memberikan kejutan lagi setelah di seri sebelumnya Jack Miller sukses naik podium satu kini giliran Cal Crutchlow yang tampil luar biasa dengan mampu finish diurutan kedua atau terpaut 10 detik dari Marc Marquez, sementara itu diurutan ketiga ada Andrea Dovizioso yang di awal lap juga sempat tercecer ke urutan belakang. Meskipun meraih kemenangan namun ternyata Dovi masih belum puas dan merasa sedikit kecewa dengan hasil tersebut.

Dirinya mengaku ada masalah saat melakukan pemilihan ban saat awal lap dengan menggunakan jenis lunak, namun kemudian setelah mengganti ban dirinya tampil membaik dan bahkan di lap-lap akhir sukses mengalahkan Scott Redding untuk merebut podium ketiga.

Berikut klasemen MotoGP 2016 usai seri Jerman :

  1. Marc Marquez – Repsol Honda – 170
  2. Jorge Lorenzo – Movistar Yamaha – 122
  3. Valentino Rossi – Movistar Yamaha – 111
  4. Dani Pedrosa – Repsol Honda – 96 poin
  5. Maverick Vinales – Suzuki Ecstar – 83 poin
  6. Aleix Espargaro – Suzuki Ecstar – 72 poin
  7. Hector Barera – Avintia – 65 poin
  8. Andrea Iannone – Ducati – 63 poin
  9. Andrea Dovizioso – Ducati – 59 poin
  10. Eugene Laverty – Aspar – 53 poin
  11. Pol Espargaro – Monster Yamaha Tech 3 – 51 poin
  12. Scott Redding – OCTO Pramac Yaknich – 45 poin
  13. Jack Miller – Marc VDS – 42 poin
  14. Cal Crutclow – LCR Honda – 40 poin
  15. Stefan Bradl – Aprilia Racing Team – 37 poin
  16. Bradley Smith – Monster Yamaha Tech 3 – 32 poin
  17. Michele Pirro – Ducati – 18 poin
  18. Alvaro Bautista – Aprilia Racing Team – 14 poin
  19. Tito Rabat – Marc VDS – 11 poin
  20. Danilo Petrucci – OCTO Pramac Yaknich – 8 poin
  21. Loris Baz – Avintia – 4 poin
  22. Yonny Hernandez – Aspar – 3 poin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here