Home Mobil Klasemen Sementara F1 2016 Setelah Hamilton Juara GP Hungaria

Klasemen Sementara F1 2016 Setelah Hamilton Juara GP Hungaria

152
0

OTONITY.com – Klasemen Balap F1 2016 Usai Seri Hungaria, Pebalap Mercedes Lewis Hamilton akhirnya merebut pimpinan klasemen sementara balap F1 musim 2016 setelah berhasil naik podium pertama di GP Hungaria. Hamilton unggul hampir dua detik dari rekan satu timnya yaitu Nico Rosberg yang sebelumnya menjadi pemimpin klasemen. Balapan di seri Hungaria ini sendiri berlangsung di sirkuit Hungangoring yang terkenal memiliki trek sempit dan banyak tikungan. Jelas ini menjadi keunggulan tersendiri bagi tim Mercedes yang menyukai karakter sirkuit seperti itu.

Balapan yang berlangsung selama 70 lap tersebut sangat minim sekali insiden kecelakaan sehingga hampir semua pebalap berhasil finish termasuk Rio Haryanto. Podium satu dan dua dikuasai oleh tim Mercedes sedangkan podium ketiga diraih Daniel Ricciardo dari tim Red Bull yang pada lap-lap terakhir menang duel melawan Sebastian Vettel dari Ferrari. Jalannya balapan juga terbilang cukup mulus dimana Hamilton langsung menyodok ke posisi terdepan menggeser Rosberg, bahkan belum genap 2 lap Hamilton sudah melesat jauh dengan jarak mencapai 1,5 detik dari posisisi kedua.

Sementara itu pebalap dari tim Ferrari yaitu Kimi Raikkonen menjadi yang paling menyita perhatian para penonton, pasalnya Kimi memulai start dari posisi 14 dan akhirnya bisa finish diperingkat 6, bahkan dirinya nyaris saja finisih di posisi lima andaikan bisa menyalip Max Verstappen yang pada 3 lap terakhir terus menghalanginya hingga terlibat senggolan, beruntung kedua mobil pebalap tersebut tidak mengalami masalah yang parah.

Fi 2016 Hungaria Klasemen

Lalu bagaimana dengan pebalap Indonesia Rio Haryanto? Pria asal Solo ini lagi-lagi finish diurutan paling belakang atau 21, sedangkan rekan satu timnya yaitu Pascal Wehrlein finish di posisi 19. Bahkan Pascal sempat berada di peringkat 17 sebelum masuk pit stop pertama. Sementara itu bagi Rio Haryanto seri Hungaria ini bisa jadi yang terakhir baginya di ajang balap mobil jet darat paling bergengsi di dunia tersebut. Pasalnya dana sponsor dari pihak Rio untuk tim Manor baru disetor sebagian dan sesuai kesepakatan jika belum lunas Rio hanya berlaga hingga separuh musim saja.

Sedangkan dengan kemenangan ini mengantarkan Hamilton duduk diperingkat pertama klasemen sementara dengan perolehan 192 poin atau unggul 6 poin saja dari Nico Rosberg. Peringkat ketiga juga mengalami perubahan dimana sebelumnya ditempati oleh Kimi Raikkonen kini digeser Daniel Ricciardo yang telah meraih 115 poin dan hanya unggul 1 poin saja dari Kimi. Peringkat kelima klasemen sementara ada pebalap muda Max Verstappen dengan perolehan 100 poin.

Berikut klasemen sementara balap F1 2016 usai GP Hungaria:

  1. Lewis Hamilton – Mercedes – 192 poin
  2. Nico Rosberg – Mercedes – 186 poin
  3. Daniel Ricciardo – Red Bull Racing TAG Heuer – 115 poin
  4. Kimi Raikkonen – Ferrari – 114 poin
  5. Sebastian Vettel – Ferrari – 110 poin
  6. Max Verstappen – Red Bull Racing TAG Heuer – 100 poin
  7. Valtteri Bottas – Williams Mercedes – 56 poin
  8. Sergio Perez – Force India Mercedes – 47 poin
  9. Felipe Massa – Williams Mercedes – 38 poin
  10. Carlos Sainz – Toro Rosso Ferrari – 30 poin
  11. Romain Grosjean – Haas Ferrari – 28 poin
  12. Nico Hulkenberg – Force India Mercedes – 27 poin
  13. Fernando Alonso McLaren Honda – 24 poin
  14. Daniil Kvyat – Toro Rosso Ferrari – 23 poin
  15. Jenson Button – McLaren Honda – 13 poin
  16. Kevin Magnussen – Renault – 6 poin
  17. Pascal Wehrlein – MRT Mercedes – 1 poin
  18. Stoffel Vandoorne – McLaren Honda – 1 poin
  19. Esteban Gutierrez – Haas Ferrari – 0 poin
  20. Jolyon Palmer – Renault – 0 poin
  21. Marcus Ericsson – Sauber Ferrari – 0 poin
  22. Felipe Nasr – Sauber Ferrari – 0 poin
  23. Rio Haryanto – MRT Mercedes – 0 poin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here