Home Mazda Komparasi Suzuki Ertiga VS Mazda VX-1 Indonesia, Serupa Tapi Tak Sama

Komparasi Suzuki Ertiga VS Mazda VX-1 Indonesia, Serupa Tapi Tak Sama

1307
0

OTONITY.com – Perbedaan Mazda VX-1 dan Suzuki Ertiga 2016, Selain ada Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang dianggap bersaudara ada juga mobil MPV di Indonesia yang juga kembar yaitu Suzuki Ertiga dengan Mazda VX-1. Memang dari segi desain terutama pada sektor depan kedua mobil in nyaris tidak ada perbedaan kecuali emblem logo masing-masing pabrikan. Namun sebenarnya jika diperhatikan dengan lebih jelas ada beberapa perbedaan antara kedua produk asal Jepang tersebut.

Untuk diketahui kedua mobil tersebut bisa kembar bukan karena tanpa disengaja. Baik pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) ataupun PT Mazda Motor Indonesia (MMI) telah bekerjasama untuk membuat mobil kembar dengan satu platform. Hal tersebut sudah mulai lumrah dilakukan oleh beberapa agen pemegang merek di Indonesia dengan tujuan meningkatkan penjualan dari kedua pabrikan.

Suzuki Ertiga GL MT 2016

Duet Suzuki Ertiga dengan Mazda VX-1 sampai saat ini memang masih kalah jauh jika dibandingkan dengan Daihatsu Xenia serta Toyota Avanza. Khusus untuk Suzuki Ertiga bisa dikatakan lebih populer ketimbang saudaranya tersebut dan bahkan hingga kini terus menjadi mobil MPV pilihan konsumen tanah air dengan bersaing melawan Honda Mobilio. Tidak hanya itu saja Suzuki Ertiga juga baru saja mengalami penyegaran di tahun 2015 kemarin serta mendapat tambahan varian bernama Ertiga Dreza yang diluncurkan tahun ini. Selain disukai di dalam negeri baru-baru ini Ertiga melakukan kolaborasi dengan pabrikan Proton untuk bisa dipasarkan di Malaysia.

Kembali ke masalah komparasi antara Suzuki Ertiga dan Mazda VX-1. Dari segi tampilan Ertiga terlihat lebih berkelas terutama dibagian depan dengan hadirnya bumper baru serta grill dan rumah lampu kabut berlapis krom. Sementara itu untuk Mazda VX-1 sedikit lebih kalem dengan tanpa dilengkapi krom dibagian rumah lampu kabut. Namun untuk bagian lain seperti bentuk grill, headlamp, lampu belakang sampai velg 16 inci keduanya nyaris sama.

Sementara itu di sektor dapur pacunya kedua mobil ini juga sama yaitu berkode K14B generasi terbaru yang diklaim memiliki performa tangguh namun tetap hemat bahan bakar. Sedangkan dibagian ruang kabinnya Suzuki Ertiga juga mendapat beberapa perubahan termasuk hadirnya sistem kontrol audio yang terletak dibagian setir untuk mempermudah pengemudi yang ingin melakukan pengaturan pada head unit selama berkendara. Selain itu pada kedua mobil juga telah hadir pula fitur pelipat spion yang tentunya berfungsi untuk menghindari patah saat parkir atau melewati gang sempit. Sayangnya pada versi 2015 Suzuki Ertiga dan Mazda VX-1 justru menghilangkan fitur pengereman ABS. Beruntung beberapa waktu lalu PT SIS menambahkan varian ABS pada versi terbaru serta di tipe Suzuki Ertiga Dreza.

Mazda VX-1 Terbaru

Berbicara masalah fitur ada beberapa perbedaan dan juga persamaan yang terdapat pada kedua mobil MPV ini. Misalnya saja pada Suzuki Ertiga telah dilengkapi pengaturan audio di setir kemudi sedangkan pada Mazda VX-1 justru tidak memiliki fitur tersebut. Selain itu jika di Ertiga telah hadir fitur pelipat spion secara elektrik namun pada saudaranya tersebut masih belum dilengkapi. Persamaan keduanya terletak pada bagian head unit dimana telah dilengkapi pemutar dengan format CD atau MPV dan tidak ketinggalan soket USV dengan 12 volt terletak di dashboard.

Baca juga: Mazda VX-1 Lebih Unggul Dari Suzuki Ertiga

Yang menarik jika dilihat dari harganya untuk Suzuki Ertiga tipe GX AT justru lebih mahal yaitu mencapai Rp 220,5 juta sedangkan pada Mazda VX-1 tipe V Metro AT dibanderol Rp 213 juta atau terpaut sekitar Rp 7,5 juta. Hal itu memang sedikit lumrah mengingat fitur yang dimiliki oleh Suzuki Ertiga lebih lengkap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here