Home Mobil Klasemen Sementara Balap F1 2016 Usai Seri Jerman

Klasemen Sementara Balap F1 2016 Usai Seri Jerman

312
0

OTONITY.com – Klasemen Balap Mobil F1 Terbaru Setelah GP Jerman, Nico Rosberg gagal memanfaatkan momen ketika tampil di rumahnya sendiri kala berlaga di Sirkluit Hockenheim, Jerman (31/7) waktu setempat. Padahal Rosberg memiliki peluang yang sangat besar mengingat dirinya juga mengawali start dari posisi terdepan. Sayang karena kesalahan kecil saat melakukan race dan juga membuang banyak waktu di pit stop membuat posisinya justru terus merosot hingga akhirnya harus puas finish di urutan empat besar.

Podium pertama di GP Jerman kali ini diraih oleh pebalap Mercedes yaitu Lewis Hamilton yang tampil cukup meyakinkan sejak start dimulai. Ini merupakan kemenangan keempat secara beruntun bagi Hamilton sekaligus berpeluang mempertahankan gelar juara dunia. Meskipun mengawali start dari posisi kedua namun mental juara yang diperlihatkan oleh Hamilton mampu mengantarkannya merajai sirkuit Hockenheim dan bahkan menang hingga selisih 10 detik dari urutan kedua.

Jalannya balapan Lewis Hamilton langsung melesat setelah tikungan pertama dan tidak pernah mendapat gangguan serius hingga total 67 lap dilalui. Sementara itu diurutan kedua ada Daniel Ricciardo dari tim Red Bull dan di podium ketiga ada pebalap muda Max Verstappen. Dengan menempatkan dua podium teratas membuat tim Red Bull naik ke klasemen kedua konstruktor menggeser tim ferrari yang tampil melempem di seri kali Jerman ini.

F1 2016 Jerman Podium

Sementara itu bagi Lewis Hamilton ini merupakan kemenangan ke 6 kalinya sekaligus membalikkan keadaan dimana saat 4 seri awal dirinya terlihat terpuruk, sedangkan bagi Nico Rosberg justru sebaliknya karena pria Jerman tersebut terlihat kuat di 4 seri awal dengan menyapu bersih seluruh kemenangan, namun kali ini justru tidak mampu tampil konsisten dan bahkan sering melakukan kesalahan sendiri.

Lalu bagaimana dengan pebalap kebanggaan Indonesia dari tim Manor Racing yaitu Rio Haryanto. Pria asal Solo tersebut sukses menyelesaikan balapan di urutan ke 20, Rio bahkan sempat tampil memukau selepas start dimulai namun sayangnya di putaran keenam dirinya justru bersenggolan dengan rekan satu timnya sendiri yakni Pascal Wehrlein yang kemudian membuat sayap depan mobil Manor miliknya bermasalah.

F1 2016 Jerman Rio Haryanto

Rio kemudian masuk ke pit stop dengan memakan waktu lebih lama karena selain untuk mengganti ban juga memperbaiki sayap yang rusak tersebut. Ikut serta Rio Haryanto di GP Jerman sekaligus menepis rumor kalau kontrak dirinya telah habis setelah GP Hungaria kemarin, namun masalah Rio bukan berarti telah selesai karena kesepakatan kontrak dengan pihak Manor bahwa kalau dana dari Rio belum sepenuhnya lunas maka dapat dipastikan pebalap dari Indonesia tersebut hanya tampil separuh musim saja.

Jeda tiga minggu tentunya akan dimanfaatkan oleh pihak manajemen Rio untuk mencari sponsor tambahan guna menutup kekurangan yang diinginkan oleh Manor. Pasalnya pemerintah melalui Kemenpora dipastikan tidak bisa membantu setelah rencana menggunakan dana APBN ditolak oleh DPR RI. Walaupun begitu ada sedikit harapan dari Manor karena tim asal Inggris ini tetap ingin mempertahankan Rio sampai akhir musim.

Yang jelas status Rio sebagai Pay Driver memang menimbulkan dilema tersendiri disamping dirinya harus berjuang di lintasan sirkuit namun juga harus membawa sponsor untuk bisa membawa tim tersebut tetap bertahan di ajang balap mobil paling bergengsi di dunia tersebut. Sebagai debutan kiprah Rio memang tergolong cukup memuaskan meskipun selalu kalah dari Pascal Wehrlein. Pria berusia 23 tahun ini baru gagal finish selama 3 seri saja setelah itu Rio selalu mampu menyelesaikan balapan meskipun berada diurutan paling buncit.

Berikut klasemen sementara F1 2016 paruh musim :

  1. Lewis Hamilton – 217 poin
    2. Nico Rosberg – 198 poin
    3. Daniel Ricciardo – 133 poin
    4. Kimi Raikkonen – 122 poin
    5. Sebastian Vettel – 120 poin
    6. Max Verstappen – 115 poin
    7. Valtteri Bottas – 58 poin
    8. Sergio Perez – 48 poin
    9. Felipe Massa – 38 poin
    10. Nico Hulkenberg – 33 poin
    11. Carlos Sainz – 30 poin
    12. Romain Grosjean – 28 poin
    13. Fernando Alonso – 24 poin
    14. Daniil Kvyat – 23 poin
    15. Jenson Button – 17 poin
    16. Kevin Magnussen – 6 poin
    17. Pascal Wehrlein – 1 poin
    18. Stoffel Vandoorne – 1 poin
    19. Esteban Gutierrez – 0 poin
    20. Jolyon Palmer – 0 poin
    21. Marcus Ericsson – 0 poin
    22. Felipe Nars – 0 poin
    23. Rio Haryanto – 0 poin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here