Harga Resmi Toyota Calya 2016 Indonesia Dibanderol Mulai Rp 129 Jutaan

0

OTONITY.com – Mobil Toyota Calya 2016 Harga Terbaru Di Indonesia, PT Toyota Astra Motor (TAM) dan juga PT Astra Daihatsu Motor (ADM) secara resmi telah merilis dua mobil MPV kembar yaitu Daihatsu Sigra dan Toyota Calya, kedua mobil yang masuk ke dalam segmen mobil murah ramah lingkungan atau LCGC ini sudah cukup lama dinanti-nanti mengingat pemberitaannya yang telah berlangsung sejak awal tahun 2016 lalu. Kendaraan tujuh penumpang terbaru buatan lokal tersebut bahkan diklaim bisa menyingkirkan mobil MPV lain yang lebih mahal termasuk saudaranya sendiri yaitu Avanza-Xenia. Sedangkan di segmen LCGC Calya-Sigra hanya memiliki pesaing Datsun GO+ Panca saja.

Seperti produk kembar kolaborasi Toyota-Daihatsu bahwa harga dari mobil milik Toyota selalu lebih mahal, Calya misalnya dilepas oleh PT TAM dengan banderol paling murah Rp 129,65 juta sedangkan yang paling mahal Rp 150 juta. Angka tersebut relatif jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga Daihatsu Sigra yang dilepas mulai Rp 106 juta saja dan untuk yang termahal Rp 149 juta. Kendati demikian Toyota Calya berbeda dengan kembarannya tersebut karena fitur yang dimiliki lebih lengkap, selain itu mesinnya pun hanya satu varian saja yaitu 1.2 liter tipe 3NR Dual VVT-i.

Bahkan dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya PT TAM berani menargetkan penjualan yang cukup tinggi pada mobil terbarunya tersebut yaitu mencapai 7 ribu sampai 8 ribu unit setiap bulannya. Jumlah tersebut hampir 4 kali lipat dari target penjualan Daihatsu Sigra yang hanya 2-3 ribu unit per bulan. Sementara itu untuk Toyota Agya sendiri hanya memiliki target penjualan sekitar 4 ribu sampai 5 ribu unit tiap bulannya. “Kami berharap Calya dapat meningkatkan penjualan Toyota tahun ini. Untuk targetnya kami ingin penjualan Toyota Calya mencapai 7.000 sampai 8.000 perbulannya,” jelas Anton Jimmy Suwandy selaku General Manager Marketing Planning PT Toyota Astra Motor.

Toyota Calya 2016 Baru Indonesia

Sekedar informasi penjualan mobil Toyota di Indonesia pada semester pertama tahun 2016 bisa menyentuh angka 187.438 unit sedangkan untuk segmen mobil LCGC menurut data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) pada Januari sampai Juli 2016 menyentuh angka 89.952 unit atau memberikan sumbangan penjualan hingga 9,6 persen di seluruh Indonesia. Inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh pihak Toyota Indonesia karena melihat minat masyarakat terhadap produk LCGC yang cukup tinggi maka tidak mengherankan jika Toyota Calya kemudian ditargetkan bisa terjual hingga 5 ribu unit per bulan.

Yang menarik adalah jika sebelumnya banyak beredar kalau mesin Toyota Calya memakai mesin yang sama seperti milik Toyota Etios Valco, namun ternyata hal itu tidak benar karena menurut Jimmy Anton dapur pacu dari Calya benar-benar baru. “Toyota Etios diproduksi di pabrik yang berbeda, mesin berbeda juga segmen yang berbeda jadi sebenarnya nggak ada direct relation. Ini engine yang sama sekali baru,” jelas Anton. Perlu diketahui New Toyota Calya 2016 mengusung mesin 3NR berkapasitas 1.2 liter Dual VVT-i yang khusus dikembangkan untuk model tersebut. Mobil MPV terbaru ini sendiri diproduksi di pabrik Daihatsu yang ada di Karawang, Jawa Barat dan diklaim bisa memenuhi semua kebutuhan konsumen Indonesia. Hal itu dikarenakan masyarakat tanah air cenderung menyukai kendaraan dengan kapasitas besar dengan harga yang tergolong murah.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY