Home Mobil Rio Haryanto Resmi Dipecat Manor Racing

Rio Haryanto Resmi Dipecat Manor Racing

408
0

OTONITY.com – Kontrak Rio Haryanto Dengan Manor Berakhir, Kabar mengejutkan datang dari pebalap Indonesia pertama yang berlaga di Formula One (F1) yaitu Rio Haryanto yang terpaksa tidak bisa meneruskan 9 seri tersisa karena pihak Manor Racing Team memutuskan untuk mendepak pria asal Solo tersebut dan menggantinya dengan pebalap asal Perancis yaitu Esteban Ocon. Kepastian tersebut disampaikan langsung oleh Manor melalui situs resminya dan fanspage di Facebook yang mengatakan bahwa Esteban Ocon akan berlaga di sisa seri untuk mendampingi Pascal Wehrlein.

“Manor Racing telah mengontrak Esteban Ocon untuk membalap bersama Pascal Wehrlein di sisa sembilan seri F1 2016. Dia akan melakoni debut di F1 pada GP Belgia, 28 Agustus mendatang,” tulis Manor lewat situs resmnya. Sebenarnya Manor memiliki kontrak hingga akhir musim F1 2016 bersama Rio Haryanto, namun sayangnya pihak Rio tidak bisa memenuhi kewajiban untuk melunasi sisa uang kontrak yang dibayarkan yaitu mencapai 7 juta euro dari total sebelumnya 15 juta uero. Hal itu membuat Manor mengambil keputusan untuk mengakhiri kontrak Rio. “Kami sangat senang menyambut Esteban Ocon ke dalam tim Manor Racing hingga akhir musim. Dia jelas salah satu pebalap masa depan F1, bersinar dalam perannya sebagai pebalap cadangan Renault, begitu juga tampil di ajang DTM bersama Mercedes musim ini,” ungkap Dave Ryan selaku direktur balap Manor.

Rio sendiri sebenarnya punya waktu untuk melunasi kekurangannya tersebut sebelum GP Belgia dan sayangnya pihak Manor tidak ingin terlalu lama menunggu kepastian dari pihak Rio sehingga lebih memilih memecatnya untuk digantikan Esteban Ocon yang dianggap memiliki skill bagus dengan usianya yang masih 19 tahun. Sedikit informasi mengenai pebalap pengganti Rio Haryanto tersebut sebelumnya tengah berlaga di ajang Deutsche Tourenwagen Masters (DTM) bersama tim Mercedes.

Rio Haryanto Dipecat Manor

Kendati sudah dipecat Manor Racing memberikan tawaran baru bagi Rio Haryanto yaitu sebagai pebalap cadangan selama 9 seri tersisa. Hal itu disampaikan sendiri oleh Manager sekaligus ibu kandung Rio yakni Indah Pennywati. “Kami hargai tawaran Manor. Itu bagus. Yang terpenting dia tambah pengetahuan dan pengalaman. Jadi, apabila nanti ada kesempatan lebih baik di F1, dia juga sudah siap, Rio tetap terima jadi reserve driver. Itu bagus karena Rio tidak langsung putus dari F1. Dengan begitu dia masih bisa belajar banyak dengan tim,” kata Indah.

Indah menambahkan seharusnya kesepakatan Rio dengan Manor bisa berakhir pada bulan Mei kemarin namun dengan berbagai pertimbangan akhirnya Rio bisa tetap berlaga hingga separuh musim. Selama berkarir di F1 2016 memang Rio tampil kurang begitu kompetitif karena nyaris selalu finish di urutan terakhir. Bahkan Rio sudah tiga kali tidak mampu menyelesaikan balapan karena kendala pada mesin. Banyak masyarakat pendukung Rio yang menyesalkan keputusan Manor tersebut, pasalnya untuk bisa berlaga di F1 2016 Rio sudah menghabiskan dana hingga milyaran rupiah.

Rio Haryanto Manor Racing

Sementara itu pihak sponsor utama Rio yaitu Pertamina melalui Vice President for Corporate Communication PT Pertamina yaitu Wianda Pusponegoro berharap kedepannya Rio bisa mendapat tim yang lebih kompetitif dan lebih bagus untuk bisa mengembangkan masa depannya di ajang balap mobil paling bergengsi di dunia tersebut. “Saya bisa membayangkan betapa sulitnya posisi Rio setiap akan memulai balapan lantaran selalu dikaitkan dengan pelunasan uang kontrak”, jelasnya. Dirinya menambahkan Rio Harus bisa mendapat tim yang lebih bagus dan bukan tim yang hanya berbicara masalah pelunasan kontrak saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here