Home Motor Kenali Ciri-Ciri Suku Cadang Palsu Pada Motor

Kenali Ciri-Ciri Suku Cadang Palsu Pada Motor

299
0

OTONITY.com – Cara Bedakan Suku Cadang Motor Asli Atau Palsu, Di jaman yang semakin modern seperti saat ini banyak oknum yang tidak bertanggung jawab semakin berani membuat suku cadang motor palsu dan menjualnya. Tentu saja hal tersebut sangat dilarang sekali secara hukum dan selain itu juga merugikan konsumen karena tidak hanya secara materi saja namun juga keselamatan ketika berkendara. Pasalnya dengan menggunakan suku cadang palsu pada motornya sudah pasti keselamatan menjadi taruhan. Untuk itulah anda harus waspada apabila sedang membeli atau ingin mengganti suku cadang motor di tempat yang bukan resmi.

Sayangnya dewasa ini para pelaku curang tersebut sudah semakin pintar dalam membuat suku cadang palsu sehingga konsumen pun sulit untuk membedakannya. Hal itu dikarenakan bentuk dar juga ukuran dari suku cadang palsu tersebut dibuat sangat mirip dengan yang asli dan tentu saja hal itu cukup membingungkan apalagi bagi masyarakat yang masih awam. Lalu bagaimana cara mengetahui antara suku cadang asli dengan yang palsu agar tidak mudah tertipu?

Tips Bedakan Suku Cadang Asli Dan Palsu

Sebenarnya ada beberapa tips membedakan antara suku cadang asli dengan yang palsu, salah satunya yaitu soal harga dan biasanya suku cadang palsu memiliki banderol lebih miring dibandingkan dengan aslinya. Hal itu memang sengaja dilakukan oleh para pembuat nakal tersebut agar barangnya bisa segera laku, jika para pelaku menjualnya dengan harga yang sama dengan aslinya sudah pasti keuntungan yang diperoleh justru akan menjadi lebih sedikit.

Selain itu harga yang lebih murah juga menarik minat konsumen untuk membelinya karena mereka berfikir bisa memperoleh barang asli berkualitas bagus dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan beli di diler resmi. Selain dari harga yang lebih murah perbedaan lain juga terletak dari garansinya. Untuk suku cadang asli yang dibeli di diler sudah pasti akan menerima garansi langsung dari pabrikan sedangkan untuk yang palsu biasanya tidak memiliki garansi.

Yang terakhir yaitu dari kemasannya untuk barang asli biasanya dilengkapi dengan nomor seri yang dicetak khusus dan sulit untuk ditiru, sementara itu untuk yang palsu biasanya tanpa nomor serinya.