Home Kawasaki Perbandingan Kawasaki Ninja ZX-6R dan Yamaha R6 Indonesia

Perbandingan Kawasaki Ninja ZX-6R dan Yamaha R6 Indonesia

14691
0

OTONITY.com – Perbandingan Kawasaki Ninja ZX-6R dan Yamaha R6. Setelah beberapa waktu yang lalu PT Yamaha Indonesia Motor MFG (YIMM) meluncurkan motor sport terbarunya yaitu Yamaha R6 bisa saja merasa bangga atas kehadirannya di Indonesia. Tetapi sebenarnya untuk kelas motor sport yang memiliki spesifikasi hampir sama dengan R6 di Indonesia sudah ada 3 varian dari Kawasaki. Kawasaki memiliki ER-6n, Kawasaki Ninja 650 dan Kawasaki ZX-6R. Dalam urusan harga dan tenaga, Yamaha R6 lebih pantas dibanding-bandingkan dengan Kawasaki ZX 6R karena kedua motor Kawasaki lainnya tersebut memiliki kapasitas mesin yang lebih kecil.

Perbandingan yang pertama adalah mengenai soal harga dan kemudian baru diulas perbedaan spesifikasi Kawasaki ZX-6R dan Yamaha R6. Harga Yamaha R6 di Indonesia dipasang dengan harga Rp 220 Juta dan Rp 235 Juta untuk mendapatkan aksesoris motor sport lainnya seperti helm, sepatu, sarung tangan, helm dan jaket. Selanjutnya untuk Kawasaki ZX-6R dibanderol dengan harga Rp 220 Juta sama persis dengan harga Yamaha R6. Kawasaki tidak menyertakan harga lain untuk paketan aksesoris bikers lainnya seperti Yamaha R6. Harganya sama bro! Membingungkan bukan?

Yamaha-R6-2014-Indonesia

Perbedaan Spesifikasi:

Selanjutnya yang kedua adalah mesin motor yang digendong oleh Yamaha R-6 dan Kawasaki ZX-6R lagi-lagi menggunakan basis yang sama yaitu mesin injeksi 4 silinder segaris dengan cooler. Untuk tenaga yang dihasilkan kedua motor ini Yamaha R6 lebih unggul dengan 123 PS pada 14.500 Rpm dan torsi puncak 65.7 Nm. Dibandingkan dengan Ninja ZX-6R dapat mengeluarkan tenaga 119 PS pada 12.500 Rpm tetapi memiliki torsi puncak yang lebih besar yaitu 66.7 Nm. Jadi darisini dapat disimpulkan jika Yamaha R6 memiliki mesin yang meledak-ledak pada putaran atas dibandingkan dengan mesin Kawasaki Ninja ZX6R yang lebih terasa garang pada putaran bawah.

Yang terakhir atau yang ketiga adalah mengenai desain. Kedua motor ini mengusung konsep desain yang berbeda dimana Kawasaki Ninja ZX6R lebing mengusung konsep clean dan sporty dibandingkan Yamaha R6 yang terkesan ribet. Penampilan Kawasaki ZX-6R lebih terlihat rapi dan sederhana, jika Yamaha R6 masih memiliki beberapa baut yang terlihat dan terkesan berantakan. Kemudian pada bagian lampu depan atau headlamp, Kawasaki terlihat lebih kalem dibandingkan Yamaha R6 yang memiliki garis-garis tajam, garang dan menantang. Meskipun terlihat lebih sangar, kekurangannya sekali lagi adalah soal baut yang tidak rapi dan terkesan berantakan. Tetapi jika menurut kami, desain Yamaha R6 lebih terlihat berselera tinggi dibandingkan Kawasaki Ninja ZX-6R.

Untuk lebih jelasnya bisa dibanding-bandingkan sendiri melalui gambar Kawasaki Ninja ZX-6R dan Yamaha R6 di halaman ini. Sekarang, pilihan tetap kembali di tangan Anda mau pilih yang mana?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here