Home Mobil Ini Penyebab Mobil Berbunyi Tek-Tek Saat Belok

Ini Penyebab Mobil Berbunyi Tek-Tek Saat Belok

644
0

OTONITY.com – Mobil Berbunyi Saat Belok, Memiliki kendaraan pribadi seperti mobil memang harus dilakukan servis dan juga pengecekan secara rutin supaya performanya tetap baik. Perawatan mobil bisa Anda lakukan sendiri di rumah atau jika tidak ingin repot bisa dibawa ke bengkel resmi dengan catatan mengerti bagaimana cara memperbaiki mobil, alih-alih bukannya beres tetapi kerusakannya bertambah parah. Namun apabila tidak melakukan┬áservis berkala dengan rutin maka jangan heran kalau mobil anda mengalami berbagai masalah.

Salah satu kendala yang sering dijumpai pada mobil yaitu bunyi tek-tek pada bagian ban mobil saat berbelok ke kiri atau kanan. Bunyi tersebut biasanya terdengar saat dikendarai dengan pelan sehingga cukup mengganggu. Jika mobil anda mengalami masalah tersebut sebaiknya segera bawa ke bengkel untuk mendapat penanganan yang tepat.

Ini Penyebabnya

Bunyi yang selalu muncul saat berbelok tersebut biasanya disebabkan oleh as roda yang mengalami masalah khususnya pada bagian constant velocity joint (CV joint) bahkan jika sudah parah saat berputar di tempat parkir pun suaranya akan terdengar sangat keras. Pada intinya jika kerusakan semakin parah suara yang dihasilkan bisa semakin keras dan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti merembet ke bagian lain sehingga membuat Anda merogoh kocek lebih dalam lebih baik segera diperbaiki.

mesin-cv-joint-rusak

Constant velocity joint (CV joint) atau biasa disebut dengan as kpel merupakan bagian yang berfungsi sebagai penggerak roda depan, biasanya kerusakan tersebut disebabkan oleh faktor usia seperti karet yang melindungi CV joint sudah robek sehingga pelumasnya keluar. Karena tidak ada pelumas itulah bagian yang bergesekan semakin lama mejadi aus dan kemudian berbunyi saat berbelok.

Baca juga: Cara Merawat Mobil Bekas Dengan Tepat

Estimasi Biaya Perbaikan

Jika sudah seperti itu segera ganti karet CV joint tersebut dengan yang baru, biaya penggantian komponen CV Joint untuk satu sisi biasanya dihargai Rp 250 ribu sampai Rp 400 ribu tergantung model mobil, harga tersebut masih belum termasuk biaya pemasangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here