Home Mobil Kelebihan Dan Manfaat Menggunakan Busi Iridium

Kelebihan Dan Manfaat Menggunakan Busi Iridium

990
0

OTONITY.com – Kenali Lebih Jauh Busi Iridium, Buat anda yang mengenal seluk beluk tentang mesin kendaraan sudah pasti mengenal istilah busi iridium. Busi yang satu ini terkenal memiliki harga lebih mahal dibandingkan dengan busi biasa, namun karena harganya yang mahal itulah membuat busi ini memiliki banyak kelebihan misalnya saja lebih awet dan tahan lama. Lalu apa saja perbedaan busi iridium dengan busi biasa?

Apa Itu Busi Iridium?

Busi iridium merupakan busi dengan ujung inti elektroda yang terbuat dari bahan iridum alloy, busi tersebut mampu menghasilkan konduksi yang sangat baik dan tahan terhadap kondisi panas hingga titik meleleh sampai 2.500 derajat celcius. Hal itulah yang membuat ujung inti dari busi elektroda tersebut dibuat sangat kecil dengan ukuran hanya 0,4 mm dan bahkan dianggap paling kecil di dunia.

Ujung dari inti elektroda yang runcing tersebut membuat percikan api lebih fokus pada satu titik saja sehingga lebih stabil dan bisa mengurangi tegangan listrik dengan baik. Kelebihan lain dengan memakai busi iridium adalah dapat mengurangi beban sistem nyala mesin karena tegangan listrik yang kecil. Dengan cara tersebut membuat proses pembakaran ke mesin semakin sempurna.

Kelebihan Busi Iridium

Dengan demikian respon tarikan gas menjadi semakin baik dan tentunya bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar menjadi lebih irit sampai 10 kali lipat dibandingkan dengan busi biasa. Selain itu dengan menggunakan busi iridium juga bisa meningkatkan tenaga mesin serta mengurangi emisi.

Itulah pengertian tentang busi iridium dan juga kelebihan-kelebihan yang dimilikinya. busi merupakan bagian yang cukup vital bagi kendaraan karena sebagai penyuplai pengapian api ke bahan bakar. Busi sama seperti beberapa bagian komponen lainnya yaitu harus dirawat dengan baik dan jika sudah mengalami masalah segera ganti dengan yang baru. Ada beberapa faktor yang menyebabkan busi menjadi tidak berfungsi seperti terkena air, sudah aus, ujung busi yang mengalami kerusakan dan masih banyak lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here